Nih Dia Bukti Indonesia Disadap Australia

Nih Dia Bukti Indonesia Disadap Australia - Hubungan Indonesia dengan Australia belakangan ini terus menghangat, hal ini akibat tindakan Australia yang menyadap beberapa pejabat Indonesia, termasuk Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Pemerintah melalui Menlu nya Marty Natalegawa sudah memberikan pernyataan di publik mengenai masalah penyadapan tersebut. Menurut Marty, aksi penyadapan yang dilakukan Australia terhadap Indonesia sudah tidak dapat ditolerir lagi.

Marty menambahkan kalau kedaulatan Indonesia di atas segala galanya dan harus tetap didepankan meskipun menanggung risiko, kehilangan mitra perdagangan penting.

Kemarin pemerintah Indonesia telah mengeluarkan kebijakan untuk memanggil pulang sementara Dubes RI di Canberra, Australia. Sikap ini didukung penuh oleh Komisi I DPR yang membidangi Luar Negeri.

Intelijen Australia, yakni Defence Signal Directorate (DSD, sekarang bernama Australian Signals Directorate) terungkap pernah menyadap telepon seluler milik Presiden SBY pada 2009. DSD tidak hanya tahu isi percakapan antara SBY dengan lawan bicaranya, tetapi juga mengetahui jenis ponsel yang digunakan. SBY misalnya diketahui menggunakan Nokia E90-1.

Dokumen Snowden mengenai penyadapan terhadap SBY itu berupa slides atau materi presentasi yang disajikan oleh DSD. Pada setiap slide terdapat tanda “Top ecret Comint” atau Comint Sangat Rahasia. Comint adalah kependekan dari Communication Intelligence. Berikut slides tersebut yang terdiri dari enam halaman



Bukti Indonesia Disadap Australia


Bukti Indonesia Disadap Australia 1


Bukti Indonesia Disadap Australia 2


Bukti Indonesia Disadap Australia 3


Bukti Indonesia Disadap Australia 4


Bukti Indonesia Disadap Australia 5