Nih Dia Wanita Paling kaya di Indonesia



Nih Dia Wanita Paling kaya di Indonesia - Diantara daftar orang kaya Indonesia yang dirilis Forbes minggu lalu (Baca: Pendatang Baru di Daftar Orang Kaya Indonesia), ada satu nama yang cukup menjadi perhatian, yaitu Kartini Muljadi. Sosok ini merupakan satu satunya wanita yang masuk daftar bergengsi tersebut. Lalu siapa itu Kartini Muljadi ?.

Kartini Muljadi lahir pada tanggal 17 Mei 1930, wanita yang sekarang berumur 83 tahun ini sempat kuliah pada perguruan tinggi di Surabaya dan Yogyakarta, Kartini kemudian pindah ke Jakarta untuk masuk Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan Universitas Indonesia.

Di sela-sela aktifitasnya sebagai mahasiswa, Kartini bekerja di Perhimpunan Sosial Tjandra Naya yang maksud tujuannya adalah menyelenggarakan pendidikan serta pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu.  

Wanita Paling kaya di Indonesia

Awal karir Kartini Muljadi dimulai dari menjadi Hakim pada Pengadilan Negeri Istimewa Jakarta, dimana dia ditugaskan untuk menangani perkara pidana, perdata dan kepailitan.

Setelah ditinggal suaminya, ia kemudian menjadi notaris di Jakarta. Karena konsistensi dan komitmennya yang tinggi dalam memberi pelayanan terbaik, ibu dari tiga anak ini kemudian menjadi notaris papan atas, yang menjadi rujukan perusahaan-perusahaan besar pada tahun 1970-an dan 1980-an.

Pada waktu krisis moneter tahun 1997/1998 lalu, Kartini turut membantu dalam membangkitkan sektor keuangan, khususnya menggiatkan kembali pasar modal di Indonesia. Kartini menerima penghargaan dari Ibu Megawati Soekarno Putri yang pada saat itu menjabat Presiden Republik Indonesia dengan memberikan kepada Kartini penghargaan Capital market Life Time Achievement Award pada tahun 2004.

Forbes menempatkan Kartini sebagai orang terkaya nomor 19 di Indonesia. dengan kekayaan mencapai US$ 1,42 juta atau mencapai Rp 14,2 triliun. Kekayaannya diperoleh di bidang farmasi.

Kartini dan keluarganya menjual hampir seperlima sahamnya di produsen obat Tempo Scan yang dijalankan sang Anak, Handojo pada bulan Mei 2013 sebesar US$ 218 juta.