Tips Agar Terhindar dari Osteoporosis



Tips Agar Terhindar dari Osteoporosis - Osteoporosis sekarang ini tidak hanya terjadi pada orang tua saja, orang dewasa pun rentan akan masalah pengeroposan tulang ini, khususnya para wanita. Osteoporosis bisa menyebabkan tulang patah hingga memicu kecacatan.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan agar terhindar dari osteoporosis, di antaranya yang akan dibagi di bawah ini.


1.      Olahraga
Anda harus melakukan aktivitas fisik minimal 30-40 menit dalam sehari, sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. Jenis aktitas fisiknya harus mengombinasikan olahraga ketahanan dengan latihan beban. Tujuannya adalah membentuk massa otot, karena makin kuat otot maka beban tulang akan berkurang.

2.      Konsumsi Makanan yang Menyehatkan Tulang
Anda sebaiknya mengkonsumsi makanan kaya kalsium dan protein dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Penting juga untuk mendapatkan vitamin D dari sinar matahari.

3.      Buang Kebiasaan Buruk
Kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan osteoporosis antara lain minum alcohol dan merokok. Jauhi kebiasaan buruk tersebut.

4.      Berat badan ideal
Jika anda memiliki berat badan yang kurang, sebaiknya waspada sebab orang yang memiliki berat badan terlalu rendah lebih rentan mengalami pengeroposan tulang.

5.      Ketahui Risiko Anda
Penting untuk mendapatkan pengetahuan mengenai osteoporosis dan mempelajari apakah Anda berisiko terkena penyakit ini. Faktor risiko yang umum adalah mengalami menopause sebelum usia 45 tahun, menggunakan obat yang dikenal sebagai glucocorticoids atau mempunyai penyakit rheumatoid arthritis atau gangguan seperti celiac atau penyakit crohn. Wanita yang pernah mengalami patah tulang di masa lalu atau mempunyai keluarga yang mengalami osteoporosis berisiko lebih tinggi untuk terkena penyakit yang sama.

6.      Cek kepadatan tulang
Begitu seorang perempuan mencapai masa menopause, mereka wajib mengunjungi dokter untuk memeriksakan kesehatan tulang dan mendeteksi keretakan. Perempuan yang didiagnosis mengalami pengeroposan tulang harus mengikuti perawatan seperti yang disarankan oleh dokter yang memeriksa.

7.      Suplemen
Selain konsumsi makanan yang sehat, ada baiknya jika anda juga mengkonsumsi suplemen yang khusus untuk mengatasi osteoporosis seperti OSTEOFIN. Herbal ini dapat membantu mencegah dan mengatasi kerapuhan tulang