Tips Cara Mengatasi Ngantukan di Pagi Hari


Tips Cara Mengatasi Ngantukan di Pagi Hari - Rasa kantuk di pagi hari tidak selalu teratasi dengan tidur lebih awal. Sebgaian besar orang tetap merasa ngantuk dan lemas meskipun sudah tidur dengan waktu yang cukup. Lalu bagaimana cara mengatasinya ?

Sulit memang untuk bisa terasa fresh dan segar ketika bagun tidur di pagi hari, terutama di kota kota besar. Pengaturan waktu dan asupan makanan merupakan dua hal penting yang perlu anda perhatikan jika anda ingin tetap segar.


1.      Tetapkan jam tidur yang sama setiap malam
Sebaiknya anda tetapkan jam tidur yang sama setiap harinya. Mengapa? Dengan menerapkan jam tidur yang sama dan konsisten maka tubuh akan lebih mudah beradaptasi. Selain itu, tubuh juga akan lebih mudah untuk membiasakan diri tetap segar di pagi hari. Pastikan Anda tidur selama 7-8 jam setiap malamnya agar jam tidur tetap terpenuhi.

2.      Matikan semua alat elektronik
Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, maka Anda harus menghilangkan semua benda yang mungkin mengganggu tidur Anda. Matikan komputer dan televisi setidaknya 30 menit sebelum pergi tidur.

3.      Matikan lampu
Tak hanya itu, sebaiknya matikan juga lampu saat Anda tidur (Baca: Inilah Manfaat Tidur dengan Lampu Gelap) karena cahaya dapat menjadi gangguan bagi otak saat Anda tidur. Cobalah lebih rileks misalnya dengan membaca buku atau minum segelas susu hangat sebelum tidur.

4.      Lakukan aktivitas ringan sebelum dan sesudah tidur
Lakukan aktivitas ringan setidaknya 1-2 jam sebelum anda menekan tempat tidur.

5.      Atasi gangguan tidur
Jika anda memiliki gangguan tidur, segera atasi masalah tersebut )Baca: Cara Mengatasi Gangguan Tidur)

6.      Mandi sesegera mungkin
Sebuah percikan air saat bangun tidur merupakan cara yang baik untuk 'membangunkan' saraf-saraf Anda. Semakin Anda menunda waktu mandi, maka tubuh akan terasa semakin lelah. Mandi dapat membuat Anda lebih bersemangat dan mengurangi rasa kantuk Anda.

7.      Lakukan gerakan di pagi hari
Setelah mandi anda sebaiknya lakukan aktivitas ringan sekitar 30 menit. Dengan begitu, tubuh akan lebih bugar sepanjang hari. Anda bisa lakukan gerakan gerakan di bawah ini:

Bernapas : Gelar matras atau karpet, duduklah di atasnya dengan posisi kaki bersila. Ambil nafas dalam-dalam lewat hidung, tahan beberapa detik dan lepaskan lewat mulut secara perlahan. Ulangi sebanyak tiga kali.

Putar Leher : Masih dalam posisi kaki bersila, putar leher Anda perlahan-lahan ke arah yang sama sebanyak lima kali. Kemudian putar ke arah berlawanan dengan jumlah yang sama.

Berdiri : Berdiri di posisi tegak dengan pinggul dan perut mengarah ke dalam, serta kaki sedikit terbuka. Letakkan kedua tangan di samping tubuh. Lebarkan jarak jari-jari kaki dan rasakan tekstur karpet atau lantai untuk melancarkan peredaran darah. Setelah itu, dekatkan tubuh ke dinding, naikkan satu tangan ke atas kepala dan tekuk sementara tangan lainnya diregangkan ke dinding. Lakukan cara ini bergantian pada tangan kanan dan kiri.

Regangkan Punggung : Dari posisi berdiri, duduk kembali dengan posisi kaki lurus ke depan. Raih ujung kaki dengan kedua tangan, tahan posisi ini selama beberapa detik. Lakukan sebanyak lima kali.

Peregangan Tulang Belakang : Gerakan ini disebut spinal twist, fungsinya untuk melemaskan otot tulang belakang yang terasa kaku. Dalam posisi duduk, luruskan kaki kiri sementara kaki kanan menyilang ke samping kiri. Putar badan 90 derajat ke arah kanan (berlawanan dengan kaki kanan), dan tahan selama 45 detik. Lakukan secara bergantian pada sisi lainnya.




Anda baru saja membaca postingan yang berkategori Kesehatan / Tips
Judul : Tips Cara Mengatasi Ngantukan di Pagi Hari
Bookmark : http://www.berita-ane.com/2013/11/tips-cara-mengatasi-ngantukan-di-pagi.html.