Tips Mengendarai Mobil Baru Agar Awet



Tips Mengendarai Mobil Baru Agar Awet - Siapa yang tidak senang punya mobil baru (Baca: Daftar Merk Mobil Terlaris dan Sedikit Peminat Terbaru), tapi hal tersebut tentunya tidak membuat anda kalap dalam menggunakannya. Mobil yang masih baru perlu perhatian ekstra dalam perlakuannya, tujuannya apalagi kalau bukan untuk memperpanjang masa pakai komponen komponen yang ada di mobil tersebut.


1.      Baca buku petunjuk
Bacalah dan laksanakan dengan seksama buku petunjuk menjalankan kendaraan.

2.      Jangan memacu mesin pada putaran yang tinggi
Sebagai acuannya adalah jarum penunjuk tachometer yang bertugas mengukur putaran mesin mobil. Hindari memacu mobil berlebihan, apalagi ketika jarum tachometer sudah sampai menyentuh garis berwarna merah.

3.      Gunakan kecepatan mobil pada berbagai variasi
Jika anda mengendarai mobil dengan transmisi manual (Baca: Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matik dan Manual), hindari mengemudi menggunakan gigi rendah terus menerus. Tujuannya agar seluruh gigi percepatan bisa bekerja dan terlumasi dengan baik. Selain itu, komponen yang berkaitan, seperti kopling, gardan dan rem juga bisa menyesuaikan dengan baik.

4.      Hindari muatan yang berlebihan
Memenuhi mobil dengan muatan berlebih tentunya akan memaksa mesin dan komponen lain, seperti kopling dan suspensi, bekerja lebih keras dan lama kelamaan memperpendek masa pakainya. Jadi isilah mobil sesuai dengan kapasitas tempat duduk dan kapasitas bagasi.

5.      Hindari pengereman mendadak
Tujuannya untuk mengurangi gesekan yang terlalu besar pada komponen dalam mesin dan penggeraknya. Gesekan yang besar terjadi karena saat mobil berjalan, mesin dan roda yang bergerak tiba-tiba tertahan oleh sistem rem yang mengharuskan mobil tersebut berhenti.

6.      Perawatan saat mencapai 1000 dan 3000 km
Sesudah kendaraan menjalani 1.000 km yang pertama, gantilah minyak pelumas mesin, minyak pelumas persneling dan roda gigi diferensial. Jika sudah mencapai kemungkinan baut-bautnya menjadi kendor. Maka bawalah kendaraan ke bengkel untuk diperiksa dan dikokohkan baut dan sekrupnya. Periksalah juga celah bebas katupnya.