Daftar Kata yang Sebaiknya Tidak Dipakai di Surat Lamaran Kerja

Daftar Kata yang Sebaiknya Tidak Dipakai di Surat Lamaran Kerja - Salah satu hal penting yang harus anda perhatikan ketika melamar sebuah pekerjaan selain interview (Baca: Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum dan Sesudah Interview) adalah pembuatan surat lamaran kerja.

Kenapa harus diperhatikan ? Sebab tidak sedikit perusahaan yang ‘membuang’ pelamar gara gara kesalahan kecil pada surat lamaran kerjanya. Agar hal tersebut tidak terjadi pada anda, sebaiknya anda masukkan dalam surat lamaran pekerjaan anda kata kata yang tepat yang dapat menunjukkan kepribadiaan, minat dan tujuan anda sejak awal.

Jangan menggunkan kata kata umum yang sering dipakai oleh pelamar lainnya. Perusahaan biasanya mencari karyawan yang “tidak pasaran”. Berdasarkan riset dari Linkedln, setidaknya ada 10 kata yang sering muncul di surat lamaran kerja. Apa saja itu ?


1. Responsible (bertanggung jawab)
2. Strategic (strategis)
3. Creative (kreatif)
4. Effective (efektif)
5. Patient (sabar)
6. Expert (ahli di bidangnya)
7. Organizational (teratur)
8. Driven (bisa dipimpin)
9. Innovative (inovatif)
10. Analytical (berkemampuan analisis)

Bagaimana solusinya ? Carilah padanan kata yang lebih jarang dipakai orang-orang pada umumnya untuk mendeskripsikan maksud dari 10 kata-kata di atas. Atau, Anda juga bisa memilih alternatif lain dengan menggambarkan 10 kualitas individu di atas dengan gambar-gambar kreatif atau foto diri Anda. Baca juga : Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup