Tips Cara Menahan Emosi yang Ingin Meledak

Tips Cara Menahan Emosi yang Ingin Meledak - Semua orang baik itu pria atau wanita, anak kecil (Baca : Tips Mengatasi Anak yang Suka Marah dan Bicara Kasar) maupun dewasa pernah mengalami yang namanya rasa emosi atau marah.

Hal tersebut manusiawi, namun anda perlu berlajar untuk mengontrol dan menahan perasaaan tersebut, sebab rasa emosi atau marah yang meluap luap bisa mengakibatkan segalanya menjadi lebih buruk, bahkan menimbulkan bahaya bagi diri anda dan orang lain.

Ada banyak cara sebenarnya untuk menahan emosi agar tidak meledak, beberapa diantaranya anda bisa lihat di bawah ini.

Berikut Tips Cara Mengontrol Emosi Agar Tidak Meledak

Diam
Ketika emosi anda meningkat, jangan biarkan mulut anda mengeluarkan suara atau bahkan kata kata tidak karuan. Diam, lalu biarkan pikiran dan logika memproses masalah yang sedang anda hadapi.

Berhitung
Saat Anda merasakan emosi Anda akan naik, cobalah untuk berhitung angka 1-10. Metode ini akan mengalihkan perhatian Anda dari topik yang membuat Anda emosi.

Pergi ke suatu tempat
Ini merupakan salah satu cara terbaik untuk mengendalikan emosi Anda. Apabila Anda berada di suatu tempat dan Anda merasa bahwa kondisinya membuat Anda mudah emosi, segeralah keluar dari tempat tersebut dan pergilah ke tempat lain yang akan membuat Anda menjadi lebih tenang.

Mengambil posisi lebih rendah
Agar marah bisa diredam, rubahlah posisi anda yang lebih rendah. Jika anda marah pada posisi berdiri, maka sebaiknya langsung ambil posisi duduk. Jika belum reda, anda bisa ambil posisi berbaring.

Berwuduhu atau mandi
Perasaan emosi yang meningkat biasanya dibarengi dengan kenaikan suhu tubuh. Agar emosi reda, sebaiknya anda langsung berwudhu atau mandi. Basuhan air bisa membantu merelaksasikan pikiran anda.

Tarik napas
Cara lain untuk menenangkan pikiran anda adalah dengan cara menarik napas secara perlahan. Tarik napas selama 4 detik, tahan selama dua detik lalu hembuskan melalui mulut secara perlahan.

Ingat momen momen yang menyenangkan
Hidupkanlah perasaan-perasaan yang menyenangkan sesering mungkin termasuk untuk hal-hal yang kita inginkan tercapai atau terjadi

Intropeksi
Segera lakukan intropeksi terhadap permasalahan yang sedang anda hadapi. Jangan takut untuk mengakuinya jika ternyata anda yang salah.

Menangis
Menangis merupakan cara simple untuk meredakan marah. Jika anda malu menangis di depan banyak orang, anda bisa pergi ke tempat lain yang lebih sepi.

Bersikap baik pada orang lain
Visualisasi lain yang disarankan oleh seorang guru spiritual adalah melihat agen kemarahan sebagai anak berusia 5 tahun. Jika anda berpikir tentang orang lain sebagai anak berusia 5 tahun yang tak berdaya, kasih sayang dan pengampunan anda yang akan muncul.

Tersenyum
Ketika kita tersenyum kita meredakan banyak situasi negatif. Tersenyum adalah cara menawarkan niat baik kepada orang lain. Tersenyum tidak memerlukan biaya apa-apa, selain efektif dapat meredakan situasi tegang.

Share ke orang lain
Jika masalah yang anda hadapi tidak bisa diselesaikan oleh anda sendiri, sebaiknya ceritakan ke orang orang yang anda percayai. Dengan begitu beban yang anda pikul akan terasa lebih ringan.

Bersyukur
Belajarlah mengucap syukur dalam segala keadaan. Hati yang penuh dengan ucapan syukur akan membuat hidup lebih ringan, pikiran lebih jernih dan perasaan lebih nyaman. Sehingga mengendalikan perasaan bukan lagi beban yang berat.

Terus berlatih
Untuk bisa mengendalikan emosi memang tidak mudah, terlebih lingkungan tempat anda berada sangat tidak mendukung. Namun begitu teruslah berlatih untuk mengontrol emosi dimanapun anda berada dan apapun itu masalahnya.