Tips Menghilangkan Bau Apek Pada Helm

Tips Menghilangkan Bau Apek Pada Helm - Helm merupakan salah satu pengaman yang harus dipakai oleh setiap bikers. Tujuan menggunakan helm adalah untuk melindungi kepala pengendara sepeda motor dari benturan benda keras saat kecelakaan.

Agar nyaman saat digunakan, ukuran helm harus sesuai dengan kepala bikers. Selain ukuran, kebersihan helm juga harus diperhatikan.

Tips Menghilangkan Bau Apek Pada Helm


Cuci Helm
Mencuci dan menjemur bagian dalam helm, bisa anda lakukan seminggu satu kali. Melakukan penjemuran bagian dalam dan tidak menjemur bagian luar karena mengakibatkan warna helm pudar.

Buka kaca penutup ketika tidak digunakan.
Apabila helm full face dibiarkan tertutup, udara di dalam helm akan pengap dan bau bekas keringat akan terus berada dalam helm. Hal ini akan membuat helm jadi bau apek.

Jemur helm setelah digunakan
Jemurlah pada tempat yang berangin, jangan yang langsung kena sinar matahari karena hawa panasnya bisa mengendap dalam busa helm dan membuat helm bau apek.

Buka ventilasi agar ada sirkulasi udara
Salah satu cara paling mudah adalah dengan membuka kaca dan seluruh lubang ventilasi. Bau sisa keringat akan bersirkulasi dan menguap.

Gunakan pewangi
Pakailah parfum atau wangi-wangian seperti kapur barus ketika helm tidak digunakan. Apabila hendak menggunakan minyak wangi, pilih yang memiliki kadar alkohol rendah. Sebelum menggunakan pewangi, terlebih dahulu bagian dalam dibersihkan dan lebih bagus lagi jika cairan pewangi dilengkapi antibakteri.

Poles bagian luar helm
poles bagian luar helm dengan pasta yang mengkilap secara merata. Fungsinya selain untuk menjaga ketahanan warna helm, debu juga tidak menempel.

Simpan helm dengan baik
Simpan helm di tempat yang bebas debu, kering, tidak lembab dan tidak mudah terkena sinar matahari langsung.

Gunakan helm saat rambut kering
Jangan langsung menggunakan helm jika rambut kamu dalam keadaan basah. Kondisi rambut yang basah bisa menyebabkan bagian dalam helm menjadi lembab dan bau, bahkan rambut kamu pun bisa ikut menjadi bau

Jangan pinjamkan helm ke oramg lain
Jangan terlalu sering meminjamkan helm kepada orang lain, karena makin bemacam-macam keringat yang nempel pada helm, makin bermacam-macam pula bau yang ditimbulkan.