Daftar Pertanyaan di Wawancara Kerja yang Paling Menjebak

Daftar Pertanyaan di Wawancara Kerja yang Paling Menjebak - Wawancara kerja merupakan salah satu tahapan dalam melamar sebuah pekerjaan. Ada beberapa pertanyaan yang akan diajukan oleh pihak perusahaan kepada anda pada proses tersebut, mulai dari kepribadian hingga pengalaman kerja anda.

Namun sebelum anda menjawab, ada baiknya jika anda pahami dulu pertanyaan yang diberikan oleh staf HRD, sebab adakalanya pertanyaan tersebut merupakan jebakan. Apa contohnya ?



"Siapa orang yang Anda kagumi dan mengapa?"

Pertanyaan seperti ini dimaksudkan untuk mengorek informasi mengenai tokoh idola yang mempengaruhi pola pikir dan sudut pandang Anda. Dari informasi ini, nantinya perusahaan akan mampu menarik kesimpulan apakah Anda memang cocok dengan kriteria yang mereka cari atau tidak. Ini juga menjadi salah satu cara perusahaan untuk memancing pemikiran spontan dari para pelamar kerja.


"Jika Anda bisa melakukan apapun di dunia ini, pekerjaan apa yang ideal untuk Anda?"

Pertanyaan ini dimaksudkan untuk mengetahui pendapat dan sudut pandang yang jujur dari calon karyawan. Jawaban yang realistis maupun tidak, tidak menjadi ukuran. Yang diperhatikan perusahaan adalah ketulusan niat Anda untuk bekerja di bidang yang benar-benar Anda inginkan, karena hal tersebut bisa tercermin pada pekerjaan Anda yang sekarang.


"Pencapaian apa yang paling besar dalam karir yang pernah Anda peroleh?"

Dari jawaban atas pertanyaan ini, pihak perusahaan akan bisa melihat kejujuran seorang calon pegawai mengenai prestasinya. Kemudian, dia akan menarik kesimpulan mengenai kelebihan dan kekurangan calon pegawai tersebut. Kecepatan progres kerja dari seseorang juga bisa dilihat dari pertanyaan ini.


"Mengapa Anda disini?"

Dengan jawaban yang tulus namun tegas, perusahaan akan dapat mengetahui bahwa si pelamar kerja ini memang betul-betul memiliki minat untuk bekerja di perusahaan ini, dan bukan sekadar mencari pekerjaan saja.


"Gambarkan lingkungan yang membuat Anda enggan berusaha."

Pertanyaan ini jelas bisa menjatuhkan siapa saja yang tidak mampu berpikir cepat dan bijaksana. Oleh karena itu ketika anda mendapat pertanyaan tersebut, anda harus memberikan jawaban yang dewasa, dan diperkaya dengan wawasan yang luas. Perusahaan tidak akan mencari karyawan yang pola pikirnya terbatas ketika menemui kesulitan dan akhirnya menghadapi situasi sulit dengan kekanak-kanakan.


"Apa saja proyek di pekerjaan sebelumnya yang pernah tertunda?"

Pertanyaan ini diajukan untuk melihat seberapa besar kesadaran calon pegawai terhadap pengaruh yang bisa mereka berikan, sekaligus juga kemampuan mereka untuk berpikir kritis dalam menghadapi situasi sulit. Tidak banyak kandidat yang mampu menjawab pertanyaan ini dengan baik, terutama mereka yang memiliki jam terbang terlalu sedikit di dalam bidang yang dimaksud.


"Jika Anda adalah seorang pemilik klub sepakbola yang sedang sekarat, apa yang akan Anda lakukan?"

Jawaban dari pertanyaan ini akan menunjukkan kemampuan Anda dalam berpikir cepat. pertanyaan ini biasanya juga dilontarkan perusahaan untuk mengetahui kemampuan calon pegawai dalam berpikir strategis dan efektif.


"Apa passion Anda?"

Passion seseorang adalah hal penting yang akan mengantarkannya pada kesuksesan. Dalam melihat kualitas individu calon pegawai, hal ini penting untuk diketahui oleh perusahaan. Biasanya, jika Anda berpikir terlalu lama sebelum menjawab pertanyaan ini, Anda akan dicoret dari daftar 'potensial'.?


Untuk pertanyaan interview lainnya, anda bisa baca Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum dan Saat Wawancara Kerja