Inilah Biaya Perawatan Mobil Setelah Kebanjiran

Inilah Biaya Perawatan Mobil Setelah Kebanjiran - Kondisi jalan di Ibukota yang belakangan ini selalu tergenang air alias banjir tidak hanya membuat waktu perjalanan menjadi lebih lama, tapi juga membuat kendaraan anda berpotensi mengalami kerusakan.

Untuk menghindarinya, anda bisa melakukan pencucian hingga bersih, terutama bagian kolong mobil. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi masalah korosi pada mobil anda.

Selain itu, ada baiknya jika anda juga rutin membawa mobil ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan, khususnya komponen komponen yang rentan rusak saat kondisi mobil sering melintasi banjir (Baca: 8 Ciri Mobil Bekas Kebanjiran).

"Biasanya komponen yang rentan rusak saat kondisi mobil sering melintasi banjir, yakni rem, kopling, kampas rem depan-belakang, kampas kopling, busi, filter oli dan udara," kata Parman Suanda, Kepala Bengkel Plaza Toyota.

Biaya Perawatan Mobil Setelah Kebanjiran


Mengenai biaya servis biasanya tergantung tipe mobil. Namun secara umum biaya perawatan mobil seperti ganti oli mesin dan transmisi mencapai Rp400 ribu sampai Rp2 juta, pengecekan sistem rem Rp150.000-200.000, ganti kampas rem Rp300.000-400.000, Tune-up Rp150.000-200.000, kemudian ganti busi Rp 25.000-150.000.

Sedangkan untuk biaya mobil yang terendam banjir dibagi menjadi tiga level; ringan (terendam sampai karpet bawah), sedang (terendam sampai di bawah dashboard) dan berat (seluruh mobil terendam).

"Untuk biaya jasa membersihkan atau mengeringkan level ringan Rp1,5 juta, sedang Rp2,1 juta, dan berat sekitar Rp2,7-3 juta. Itu belum termasuk spare part yang rusak dan harus diganti," ujar Parman.