Inilah Cara Mengurangi Kebisingan Knalpot Racing

Inilah Cara Mengurangi Kebisingan Knalpot Racing - Ada banyak alasan mengapa pengendara lebih memilih knlapot racing daripada kanlpot standar. Salah satunya adalah soal performa mesin. Banyak pengendara yang merasakan performa mesinnya meningkat setelah menggunakan knalpot racing.

Hal ini disebabkan volume gas buang lebih besar dan keluaran asap dari pengapian mesin yang lebih lancar. Apalagi ketika cc mesin sudah dinaikkan (brok up), mengeluarkan gas buang yang lebih besar.

Walaupun dapat memberikan efek yang positif pada kinerja mesin, namun sayangnya suara yang dihasilkan knalpot racing sangat bising. Berdasarkan hasil uji kebisingan, suara yang dihasilkan dari kanlpot racing bisa melebihi 90 decibels (DB).

Nilai ini melebihi standar kebisingan knalpot yang sudah ditetapkan, yaitu untuk mesin 80 cc maksimal 80 DB, mesin 80-175 cc maksimal 90 DB. Lalu bagaimana cara mengatasinya ?


Untuk mengurangi kebisingan dari knalpot racing anda harus melakukan setting ulang. Salah satunya caranya yaitu dengan memperpadat gasbul. Anda bisa lihat gambar di bawah ini.


Cara Mengurangi Kebisingan Knalpot Racing


Cara Mengurangi Kebisingan Knalpot Racing

Dengan model seperti ini aliran gas-buang tidak ada hambatan sedangkan gelombang suara mengalami peredaman dengan metode sound cancellation. Dimana tekanan gas yang dikeluarkan mesin tetap bisa keluar dengan volum besar, sedangkan gelombang suara bisa diredam melalui gasbul.

Namun sebelum mencoba dijalan, ada baiknya jika anda kembali melakukan uji kebisingan terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan aplikan Sound Meter di smartphone Android anda (Baca : Cara Mengukur Kebisingan Suara dengan Aplikasi Android).