Nih Dia Manfaat Puasa Seminggu Sekali dari Segi Kesehatan

Nih Dia Manfaat Puasa Seminggu Sekali dari Segi Kesehatan - Ada banyak alasan ketika orang melakukan puasa, dari yang karena kewajiban sampai yang hanya ingin menurunkan berat badan. Namun sedikit orang yang mengetahui bahwa puasa memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh, terutama jika dilakukan secara terus menerus.

Anda tidak perlu melakukan puasa setiap hari untuk mendapatkan manfaat tersebut (kecuali umat Islam di bulan Ramadhan), cukup puasa sekali atau dua kali dalam seminggu maka tubuh anda akan lebih sehat.


Menghilangkan racun

Setiap kali berpuasa, tubuh akan mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat. Buat anda yang gemar mengonsumsi makanan junk food, sebaiknya anda mulai berpuasa.


Menhancurkan lemak

Ketika berpuasa, tubuh tak mendapat tambahan makanan yang diperlukan untuk memproduksi energi. Karena itu, tubuh kemudian akan membakar glukosa yang masih tersisa di dalam untuk menghasilkan energi. Tak hanya glukosa, tubuh juga akan membakar lemak yang tersimpan dalam jaringan otot.


Meningkatkan kekebalan tubuh

Salah satu manfaat kesehatan berpuasa sekali seminggu adalah kuatnya sistem kekebalan. Satu hal lagi yang bisa membuat kekebalan tubuh semakin kuat adalah berbuka puasa dengan buah.


Mengontrol gula darah

Berpuasa sekali seminggu juga akan membantu anda mengontrol kadar gula dalam darah. Berpuasa akan memberikan kesempatan pada tubuh untuk memproses glukosa dan memproduksi energi. Hasilnya, jumlah insulin yang diproduksi tubuh akan berkurang dan menurunkan tingkat gula dalam darah.


Menurunkan tekanan darah

Selain gula darah berpuasa seminggu sekali juga bisa mengontrol tekanan darah. Ini adalah salah satu manfaat berpuasa, yaitu membuat tubuh menurunkan produksi hormon seperti adrenaline yang menyebabkan lonjakan tekanan darah.


Memperbaiki sistem pencernaan

Namanya puasa tidak leas dengan yang namanya sistem pencernaan. Meski berpuasa membuat lapar, namun ternyata berpuasa memberikan efek yang positif pada sistem pencernaan. Ketika berpuasa, organ yang berfungsi untuk mencerna bisa beristirahat dan mengurangi produksi cairan yang digunakan untuk memecah makanan.


Membantu mengontrol nafsu dan emosi

Jika anda tergolong oramg yang suka marah marah atau tidak bisa menahan godaan makanan junk food, sebaiknya cobalah untuk mulai berpuasa. Ketika anda berpuasa, setidaknya ada motivasi untuk mengotrol keduanya itu.


Meningkatkan proses penyembuhan

Manfaat paling besar dari berpuasa adalah menungkatkan proses penyembuhan. Ketika berpuasa tubuh bekerja lebih efektif untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan mencegah pertumbuhan tumor yang tak diinginkan. Dengan begitu, berpuasa bisa membantu tubuh untuk sembuh lebih cepat dari penyakit.