Pertama Bekerja, Jangan lakukan Hal Ini

Pertama Bekerja, Jangan lakukan Hal Ini - Mendapat pekerjaan baru, terlebih di tempat yang diinginkan tentu membuat perasaan kita senang, namun anda juga harus bersiap pasalnya bekerja di tempat dan suasana baru diperlukan proses adaptasi. Selain itu anda juga harus menghindari hal hal yang membuat petaka buat anda, seperti yang diulas berikut ini.


Terlambat

Kesan terhadap diri Anda biasanya ditarik dari awal perjumpaan. Orang yang terlambat pada awal bekerja cenderung tidak disukai oleh rekan-rekannya. Luangkan waktu sedikit lebih awal untuk berangkat kerja. Perkirakan dengan tepat perjalanan Anda menuju ke kantor, termasuk macetnya, rutenya, dan alat transportasinya.


Membeberkan rahasia pribadi

Jangan suka memberikan informasi terlalu banyak pada rekan kerja baru terlebih rahasia pribadi. Tidak menutup kemungkinan, hal tersebut menjadi bumerang buat anda. Namun, tetaplah bergaul dengan baik dan bertingkah sopan pada mereka.


Arogan

Meskipun Anda ditempatkan di posisi yang tinggi di perusahaan baru, jangan bertingkah arogan. Bertingkahlah baik pada bawahan dan tetap melakukan kewajiban Anda sebagai atasan dengan sewajarnya.


Pamer

Kebanyakan orang mencoba sebisa mungkin untuk memamerkan kehebatan, komitmen, dan visi mereka untuk perusahaan untuk merebut perhatian atasan dan rekan kerja. Namun sebaiknya Anda melakukan hal sewajarnya dan melakukan tugas dengan sebaik-baiknya.


Posting komentar pekerjaan di sosial media

Percaya atau tidak, banyak orang bisa salah menangkap status yang sering anda buat. Jika fatal, hal ini bisa mengganggu karir anda di tempat kerja baru.


Tebar pesona

Walaupun anda memiliki penampilan yang mempesona dan biasa membuat lawan jenis bertekuk lutut di bawah Anda. Namun di bulan pertama bekerja sebaiknya hindari tebar pesona.


Banyak tanya atau pendiam

Sebagai seorang pekerja baru, sangat wajar jika Anda tidak mengetahui banyak hal di kantor. Namun bukan berarti Anda harus menanyakan semua hal. Jangan pula terlalu pendiam dan tidak pernah bertanya apa pun. Salah-salah Anda dikira tidak pro aktif dalam bekerja. Kadang kala Anda memang perlu bertanya, namun jangan tanyakan hal yang sudah sepatutnya Anda ketahui karena hal itu akan membuat Anda terlihat bodoh.


Bergosip

Bergosip pada bulan pertama bekerja merupakan hal yang harus hindari. Meski wanita kadang merasa bergosip bersama bisa mendekatkan hubungan mereka, namun ada waktunya ketika rumor dan gosip yang beredar berbalik menyerang Anda sebagai baru yang ikut menyebar rumor.


Berpihak

Berkelompok dalam sebuah grup sejatinya tidak masalah ketika nilai, etik, cara kerja, atau lainnya memang sesuai dengan diri Anda. Namun bukan berarti tidak memiliki risiko juga, apalagi di bulan pertama bekerja.

Dengan berpihak mungkin mengurangi kesempatan Anda belajar lebih banyak dari kelompok lain yang mungkin tidak sejalan dengan kelompok Anda. Ingat, cara terbaik belajar adalah mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari semua orang. Artinya, menjadi orang yang netral adalah pilihan terbaik.


Suka mengkritik dan berpikiran tertutup

Adakalanya anda menemukan banyak kekurangan di tempat kerja anda yang baru, namun bukan berarti anda harus mengkritik sana sini. Yang perlu Anda ketahui adalah, banyak kemungkinan kenapa orang-orang di sekitar Anda masih melakukan kesalahan yang mungkin juga mereka ketahui. Banyak hal yang perlu Anda ketahui dulu sebelum terang-terangan mengadakan perubahan. Bukalah pikiran Anda dan bersiap untuk belajar lebih banyak.