Tips Agar Layar LCD Touchscreen Awet

Tips Agar Layar LCD Touchscreen Awet - Layar LCD touchscreen kini sudah digunakan hampir semua jenis gagdet. Berbeda dengan dengan LCD lainnya (Baca: Tips Agar LCD Laptop Bisa Awet dan Tahan Lama), LCD touchscreen butuh perlakuan khusus, sebab komponennya rentan terhadap kerusakan.

Di bawah ini akan dishare beberapa tips bagaimana cara merawat layar LCD touchscreen yang benat sehingga bisa awet dan tahan lama.


Beri lapisan pelindung
Sebaiknya beri lapisan pembungkus layar sentuh terbaik. Selain untuk menghindari goresan juga agar sensitivitasnya tetap baik.

Jauhkan dari benda benda yang berpotensi merusak
Jauhkanlah handphone dari benda-benda yang mengandung medan magnet seperti radio, televisi, dan benda-benda lain yang mengandung magnet.

Hindari sinar matahari secara langsung
Hindarkan terkena sinar matahari secara langsung, karena akan merusak kualitas LCD tersebut.

Jangan menekan terlalu keras
Jangan menekan layar terlalu kencang, tekan layar sewajarnya saja. Jika sensitivitas layar berkurang segera perbaiki di tempat service resmi.

Jangan ditempatkan di ruang yang sempit
Hindarkan dari tempat yang sempit dan menekan seperti saku celana jeans, karena akan cepat merusak layar LCD jika terlalu sering menerima tekanan.

Bersihkan layar secara berkala dan benar
Hal penting dalam menjaga kualitas LCD touchscreen adalah dengan membersihkannya dari kotoran atau debu, tentunya secara berkala dengan benar. Sebagai referensi, anda bisa mengikuti petunjuknya dibawah ini.
Tips Agar Layar LCD Touchscreen Awet

- Kebanyakan orang menggunakan kapas, tisu atau kain lembut untuk membersihkan layar sentuh perangkatnya. Namun, ada baiknya pilih saja kain microfiber yang biasanya digunakan untuk membersihkan lensa kacamata. Kain ini sangat cocok digunakan untuk membersihkan layar sentuh karena ukuran seratnya yang kecil dan halus. Selain itu, microfiber juga murah dan awet digunakan.

- Matikan Gadget anda sebelum Membersihkan LCD Touchscreen. Hal ini untuk menjaga agar gadget tidak rusak, karena bisa leluasa membersihkan LCD touchscreen.

- Jangan membersihkan layar dengan cara menggosokkan kain secara vertikal atau horizontal. Bersihkan dengan cara melingkar karena lebih efektif untuk menghapus bekas sidik jari tanpa meninggalkan bekas.

- Gunakan cairan pembersih jika diperlukan. Caranya teteskan cairan ke kain yang digunakan untuk membersihkan. Jangan langsung meneteskan cairan ke layar karena hanya akan meninggalkan bekas air yang susah dibersihkan.

- Biarkan mongering sendiri. Jika layar dibersihkan dengan cairan pembersih, jangan lap cairan tersebut sampai kering. Asal tidak terlalu tebal, biarkan saja sisa cairan yang ada mengering sendiri.