Tips dan Trik Jitu Memotret Menggunakan Ponsel

Tips dan Trik Jitu Memotret Menggunakan Ponsel - Sekarang ini banyak smartphone yang sudah menggunakan kamera berkualitas baik, salah satunya sudah pernah dishare pada artikel sebelumnya (Baca: Nih Dia Harga dan Kelebihan Lenovo Vibe X). Namun begitu tetap butuh trik khusus agar menghasilkan foto yang bagus (Baca: Cara Mudah Agar Terlihat Fotogenic) dengan kamera ponsel anda. Apa saja itu ? Simak penjelasannya di bawah ini.

Tips dan Trik Jitu Memotret Menggunakan Ponsel


Atur jarak ideal dengan objek
Jarak antara kamera dan objek sangat penting untuk menghasil foto yang wow (Baca: Tips Mendapatkan Foto yang WOW), terlebih kamera ponsel kebanyakan tidak dibekali lensa zoom maksimal. Jadi pastikan Anda dekat dengan obyek yang akan dibidik. Format pengambilan foto close up membuat hasil foto terlihat jauh lebih detail. Tapi tetap jaga jarak dengan obyek.

Perhatikan cahaya
Saat memotret di bawah terik sinar matahari, obyek jangan membelakangi datangnya cahaya. Namun hal ini bisa Anda langgar ketika ingin bereksperimen membuat foto siluet. Karena cahaya salah satu faktor penting untuk menghasilkan karya pemotretan yang optimal.

Perhatikan background
Selain cahaya, anda juga harus memperhatikan background. Jangan sampai latar belakang mengganggu obyek. Tempatkan obyek berlatar belakang yang tidak terlalu sibuk.

Pastikan kebersihan lensa
Ponsel kamera tidak dibekali penutup lensa. Pastikan membersihkan lensa Anda sebelum mengambil foto.

Coba berbagai sudut pemotretan
Cobalah mengambil foto dengan angle berbeda-beda. Dijamin foto Anda akan terlihat tidak monoton dan lebih kreatif.

Pilih resolusi tinggi
Makin tinggi resolusi yang Anda pakai, makin baik hasil gambarnya. Perbedaan ini akan terlihat saat foto hasil jepretan ponsel dipindah ke layar komputer.

Jaga konsentrasi dan keseimbangan
Upayakan kondisi dan posisi tubuh dan tangan anda jangan sampai bergoyang saat tombol shutter ditekan. Ini untuk menjaga agar foto tidak kabur (blur) dan kelihatan tidak fokus.

Explore fitur pemotretan di ponsel Anda
Ponsel berkamera untuk tipe-tipe tertentu seperti mid-end dan high-end umumnya memiliki fitur cukup lengkap. Di sana bisa ditemukan pengaturan brightness, exposure, white balance, dan sejumlah fitur lain. Sesekali sempatkanlah untuk mengeksplorasi fitur apa saja yang ada di ponsel. Dengan mengenal perangkat yang Anda gunakan, Anda bisa menggunakannya dengan optimal.

Gunakan Aplikasi
Saat ini banyak sekali aplikasi yang bisa membantu anda menghasilkan foto yang bagus dari kamera smartphone. Anda bisa menggunakannya beberapa.