Cara Mengatasi Masalah Saat Menginstal File APK

Cara Mengatasi Masalah Saat Menginstal File APK - File APK biasanya dicari oleh pengguna Android sebagai alternatif untuk menjalankan sebuah aplikasi. Namun berbeda dengan mengunduh langsung dari Google Play Store, ketika menginstal file APK sering kali timbul masalah.

Ada beberapa penyebab mengapa file APK tidak bisa diinstal, dari filenya itu sendiri sampai pengaturan di gadget Android anda. Lalu bagaimana cara mengatasinya ?


Atur bagian setting

Sebelum menginstal file APK, pastikan anda sudah memberikan seklis pada bagian Unknown Source - All Installation of Non Market Applications.


Download ulang

Jika saat install file APK muncul “Solusi Parse Error: There is a Problem Parsing The Package”, kemungkinan penyebabnya file APK tersebut corrupt saat di download. Untuk mengatasinya, anda bisa download ulang atau download melalui sumber yang lain.


Upgrade OS Android

Penyebab lain mengapa file APK tidak bisa diinstal adalah gadget anda tidak memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan, seperti versi OS Androidnya. Untuk mengatasinya, anda tinggal melakukan upgrade (Baca: Cara Upgrade OS Android 4.2 ke 4.3).


Pindahkan file ke memori smartphone

Masalah penginstalan bisa juga muncul jika anda menginstal file APK dari SD card. Solusinya, anda pindahkan dulu file APK ke memori smartphone lalu lakukan proses instalasi kembali.


Hapus file smdl2tmp1.asec

Untuk menemukan file ini, anda harus mengkoneksikan smartphone anda ke laptop atau PC. Jika smartphone anda sudah terhubung atau terbaca , anda cari folder sd card/android secure, lalu cari file smdl2tmp1.asec. Setelah ketemu, anda bisa menghapusnya.