Cara Mengecek Emas Antam Asli atau Tidak

Cara Mengecek Emas Antam Asli atau Tidak - Emas merupakan salah satu investasi yang diminati banyak orang, salah satunya dalam bentuk batangan. Selain mampu “menghadapi” inflasi, banyaknya pilihan berat yang ditawarkan juga membuat orang tertarik untuk menyimpan emas.

Buat anda yang berminat untuk investasi emas, bisa datang langsung ke langsung lokasi penjualan emas Antam, baik itu pusatnya maupun di Butik Emas (Baca: Daftar Lokasi Butik Emas). Namun jika anda membeli dari orang lain, sebaiknya anda harus cermat dengan produk emas Antam yang ditawarkan, apakah itu asli atau palsu.

Untuk meningkatkan keamanan, PT Antam sudah  menerapkan beberapa teknologi di produknya. Untuk jelasnya, bisa lihat info di bawah ini.


Untuk mengetahui keaslian logam mulia ada 2 cara. Cara pertama dari sertifikat dan cara kedua adalah memperhatikan produk emas Logam Mulia nya itu sendiri.


1. Dibawah sinar ultra violet akan ada strip-strip / garis-garis minor warna warni seperti layaknya uang kertas. 
emas antam asli


2. Dibawah ultra sinar violet ada blok / blok berwarna hijau di setiap deskripsi detail / detil pada sertifikat tersebut.

ciri emas antam asli


3. Diterawang dibawah sinar akan terlihat logo watermark perusahaan pencetak sertifikat tersebut, yakni PT. Swadharma Eragrafindo Sarana

ciri emas antam asli


sertifikat emas antam asli

- Alamat resmi Unit Pemurnian Logam Mulia.
- Tingkat Kemurnian Emas Logam Mulia.
- Berat Emas Logam Mulia dalam gram.
- Dimensi ukuran pecahan emas logam mulia dalam milimeter.
- Kode seri pada emas logam mulia jikalau tersedia. Kode seri ini juga akan ter - engrave di Logam Mulia nya juga. Kode seri tidak ada untuk pecahan 1 gram hingga 5 gram. Kode seri hanya ada pada pecahan 10 gram desain terbaru 28 Februari 2011 ke atas.




Ada cetakan 3 dimensi atau kerap dibilang hologram juga. Cukup dengan meng ulik-ulik minted bar tersebut maka tulisan M akan berubah menjadi huruf L. Begitu juga sebaliknya. L dan M ini merepresentasikan arti Logam Mulia pada minted bar tersebut. Cetakan ini berlaku mulai dari pecahan terkecil 1 gram hingga 100 gram.


Note :

1. Untuk kode seri / ID number yang terdapat dalam cetakan 5 gr ke atas , hanya ada satu kode seri untuk satu logam mulia.

2. Untuk assayer di PT.Antam ada lebih dari satu, sehingga tanda tangan yang ada di sertifikat juga berbeda-beda

3. Keaslian sertfikat emas Antam tidak semata mata dilihat dari keberadaan logo KAN.

4. Selain logo KAN, ukuran (dimensi) emas juga tidak bisa dijadikan patokan. Sebab bisa saja Antam mengeluarkan cetakan baru.

5. Selain penampakan diatas, penampakan yang lain tidak bisa dijadikan acuan seperti warna biru di sudut kanan atas.


6. Agar lebih akurat (jika pembelian bukan dari Antam langsung), anda bisa mengeceknya ke toko-toko emas terdekat, Pegadaian, Bank atau Butik Emas Antam.