Nih Dia Daftar Buah untuk Turunkan Kolesterol

Nih Dia Daftar Buah untuk Turunkan Kolesterol - Tingginya tingkat kolesterol jahat di dalam tubuh bisa mengakibatkan beberapa penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung. Untuk mengatasinya, anda bisa mengonsumsi buah buahan tertentu yang memang mempunyai khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol (Baca: 11 Cara Efektif Menurunkan Kolesterol)

.Buah buahan tersebut memiliki banyak antioksidan dan serat daripada jenis buah lainnya. Ini sangat bagus buat anda yang memiliki masalah dengan kolesterol, terlebih bila buah-buahan ini anda jadikan teman saat mengonsumsi camilan. Hal itu tak hanya menurunkan berat badan tapi akan meningkatkan tingkat energi dalam tubuh.


Lemon

Tak hanya buah jeruk, buah lemon juga bisa membantu menghilangkan "kolesterol jahat". Hal itu bisa terjadi karena kandungan pektin, sebuah serat yang perlahan membilas kolesterol keluar dalam tubuh. Di samping itu, buah jeruk juga memiliki banyak antioksidan yang berguna memperkuat dinding arteri.


Delima

Buah delima ternyata sangat baik pula untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anda. Manfaat buah delima sendiri yaitu untuk mengurangi penumpukan plak kolesterol serta mampu meningkatkan produksi oksida nitrat yang dapat membantu dalam mengurangi plak pada arteri.


Apel

Buah ini mudah Anda dapatkan dimana saja dan kapan saja. Terpenting, buah ini efektif dalam mengeluarkan kolesterol dari pembuluh arteri.


Anggur

Anggur berwarna gelap mengandung banyak antioksidan, seperti karotenoida. Perlu dicatat, bagian buah anggur yang paling kaya antioksidan adalah bagian kulit dan bijinya. Mengonsumsinya secara teratur akan sangat bermanfaat untuk mengikat radikal bebas dan menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol baik, HDL.


Jeruk bali

Jeruk bali merupakan salah satu buah terbaik yang berguna menurunkan kadar kolesterol. Hal itu terkait buah ini kaya antioksidan, sehingga mengurangi kolesterol ataupun membantu mengendalikannya. Selain itu, jeruk bali juga bermanfaat dalam mengeluarkan lemak dalam darah dimana bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.


Aneka buah berry

Aneka buah berry secara umum sangat bermanfaat dalam mengurangi kolesterol jahat. Dan dari aneka buah berry yang paling ampuh menurunkan kolesterol ialah blueberry. Akan tetapi, stroberi, mulberry dan raspberry juga bisa Anda jadikan andalan untuk menurunkan kolesterol.


Alpukat

Alpukat membantu proses stabilisasi plak yang sudah terbentuk, sehingga tak mudah pecah. Alpukat juga kaya serat dan asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan ini mampu menurunkan kadar trigliserid dan kolesterol darah yang tinggi.


Wortel


Wortel mampu menghadang laju kolesterol darah. Tanaman ini mengandung alkaloid, flavonoid, protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, belerang, vitamin A, B, C dan D, juga betakaroten dan asam lemak tak jenuh ganda. Vitamin C pada tanaman ini berkhasiaat sebagai antioksidan yang melindungi kolesterol LDL dari proses oksidasi.