Cara Gonta Ganti HP yang Tak Buat Kantong Jebol

Cara Gonta Ganti HP yang Tak Buat Kantong Jebol - Banyaknya vendor yang bermain di pasar smartphone Tanah Air, membuat kita selaku konsumen memiliki banyak pilihan. Hal ini tentu menjadi keuntungan, terlebih jika anda termasuk penggila gagdet.

Mengikuti trend teknologi boleh boleh saja, namun anda juga harus mewaspadai kondisi keuangan anda, jangan sampai keinginan anda untuk gonta ganti gadget berdampak negatif terhadap keuangan anda. Lalu bagaimana caranya ?


Beli sesuai kebutuhan

Jangan cepat tergiur dengan smartphone yang baru dikeluarkan oleh sebuah vendor, adakalanya fitur yang diusung tidak terlalu istimewa. Jangan pernah memperlakukan smartphone, gadget dan elektronik lainnya sebagai barang koleksi dengan mangumpulkan banyak produk sejenis dari beberapa produsen. Harga barang-barang ini akan dengan cepat menurun terutama karena banyaknya versi baru yang rutin diperkenalkan ke pasar.

Pertama yang harus anda perhatikan adalah kebutuhan anda terhadap smartphone. Jika fitur yang ada di smartphone terbaru memang anda butuhkan, maka anda bisa membelinya.


Gunakan dana non rutin

Jika keinginan anda untuk membeli smartphone baru sudah tidak terbendung, sebaiknya anda gunakan dana non rutin dari bonus dan THR untuk pembelian gadget dan peralatan elektronik lainnya agar tidak mengganggu anggaran keluarga dan investasi rutin (Baca : 14 Tips Cara Mengelola Keuangan Rumah Tangga yang Baik ; Cara Menyusun Keuangan di Saat Bokek). Jangan sekali kali menggunakan dana darurat untuk pembelian hal hal konsumtif.


Tunggu Pameran Teknologi

Anda bisa memanfaatkan pameran teknologi seperti Mega Bazaar Consumer (Baca: Daftar Tablet Android Murah di Mega Bazaar Consumer 2014) untuk hunting smartphone baru.


Diskon

Selain pameran, anda juga bisa mencari smartphone baru di toko toko online. Jika anda beruntung, anda akan mendapatkan smertphone degan diskon yang cukup besar.


Jual HP lama

Ini mungkin cara yang klasik, namun tetap efektif. Anda bisa jual HP lama anda untuk menambah biaya pembelian HP baru. Anda bisa menjual ke anggota keluarga, teman, kerabat atau yang lainnya.

Agar maksimal, anda bisa menjual HP lama anda di SINI (waktu terbatas)