Ini Manfaat Posisi Tidur Menghadap Kanan untuk Kesehatan

Ini Manfaat Posisi Tidur Menghadap Kanan untuk Kesehatan - Agar terhindar dari masalah kesehatan, anda perlu perhatikan postur tubuh anda dalam beraktifitas, baik itu saat berdiri, mengangkat barang, duduk (Baca: Inilah Masalah Kesehatan Orang Kantoran) maupun saat tidur.

Untuk tidur, posisi yang benar dan dianjrkan dari segi medis adalah menghadap ke sebelah kanan. Tidur dengan posisi ini memiliki banyak manfaat. Apa saja itu ?


Menjaga jantung tetap sehat

Posisi jantung manusia lebih condong berada di sebelah kiri. Dengan tidur menghadap ke kanan, hal itu akan mengurangi beban jantung tertimpa organ tubuh lain. Sedangkan, kalau kita tidur di posisi sebelah kiri, jantung akan menerima aliran darah yang berlebihan. Denyut jantung pun menjadi lebih cepat, padahal jantung butuh istirahat saat kita tidur.


Mengistirahatkan otak sebelah kiri

Kenapa cuma mengistirahatkan otak sebelah kiri aja? Karena otak kiri punya fungsi untuk membantu organ-organ di sebelah kanan untuk bekerja dengan baik. Misalnya untuk makan, memegang sesuatu, dan aktivitas lain yang dominan menggunakan organ tubuh kanan. Dengan posisi tidur menghadap kanan, kerja otak kiri pun akan lebih rileks untuk menyokong kerja organ tubuh kanan.


Melancarkan pencernaan

Saat tidur pada posisi menghadap ke kanan, makanan bisa berada dalam posisi yang pas dengan lambung sehingga dapat mengendap secara proporsional dan dapat lebih optimal proses pencernaannya dari lambung.


Menjaga paru-paru tetap sehat

Paru-paru kiri manusia lebih kecil daripada paru-paru kanan. Makanya, kalau posisi tidur kita menghadap ke sebelah kanan, jantung tidak akan membebani paru-paru kanan. Sebaliknya, kalau tidur ke sebelah kiri, jantung akan menimpa paru-paru yang berukuran kecil. Pastinya, lebih tidak baik buat kesehatan kita.