Inilah Cara Minta Keringanan Tarif PBB

Inilah Cara Minta Keringanan Tarif PBB - Beberapa waktu yang lalu Pemerintah DKI Jakarta telah secara resmi menaikkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) dengan persentase yang cukup mengejutkan yaitu 20% hingga 140%. Hal ini tentu saja berimbas ke Pajak Bumi Bangunan (PBB).

Tapi jangan khawatir, menurut Aulia Salim selaku Kepala Seksi Perencanaan Pengembangan Potensi Pajak Daerah Prov DKI Jakarta, jika masyarakat ada yang keberatan dengan tarif PBB saat ini, bisa mengajukan keringanan.

"Bagi yang mau klaim minta keringanan PBB silahkan saja, tapi tentu tidak semua kami setujui," kata Aulia


Untuk golongan veteran, pensiunan PNS dll

Berdasarkan Pergub DKI Jakarta no 84 tahun 2013 maka veteran, penerima gelar kehormatan, Mantan Presiden dan Wakil, Mantan Gubernur dan Waki, Purn TNI/ Polri, Pensiunan PNS dapat mengajukan keringanan pembayaran PBB dengan syarat:

A. Fotokopi KTP
B. Fotokopi kartu tanda anggota veteran
C. Fotokopi surat keputusan tentang pengakuan, pengesahan dan penganugerahan gelar kehormatan dari pejabat berwenang
D. Fotokopi surat keputusan pengangkatan atau pemberhentian sebagai Presiden dan Wakil Presiden, Gubernur dan Wakil Gubernur
E. Fotokopi surat keputusan sebagai purnawirawan TNI/ Polri atau pensiun PNS.
F. Fotokopi surat keterangan kematian
G. Fotokopi bukti pelunasan PBB-P2 tahun sebelumnya.


Untuk masyarakat umum

Wajib pajak orang pribadi berpenghasilan rendah sehingga kewajiban membayar PBB sulit dipenuhi maka dapat mengajukan keringanan dengan syarat:
A. Fotokopi KTP
B. Fotokopi Kartu Keluarga
C. Surat pernyataan wajib pajak yang menyatakan bahwa penghasilan rendah dari tempat bekerja, apabila wajib pajak tidak berpenghasilan dilengkapi dengan surat keterangan RT/RW diketahui Lurah setempat.
D. Fotokopi bukti pelunasan PBB-P2 tahun sebelumnya.

Jika sudah syarat sudah lengkap segera datang ke UPPD terdekat, permohonan keringanan pembayaran PBB ini akan diputuskan paling lama 6 bulan setelah tanggal diterimanya permohonan pengurangan.