Cara Mengatasi Baterai HP yang Boros

Cara Mengatasi Baterai HP yang Boros - Meningkatkan teknologi smartphone sekarang ini sering kali meminta korban, ya apalagi kalau bukan baterai. Baterai merupakan “nyawa” dari semua jenis gadget, baik itu tablet maupun HP atau smartphone. Penggunaan smartphone yang berlebihan biasanya  membuat baterai menjadi boros.

Berikut ini akan dishare berbagai cara untuk mengatasi baterai HP yang boros sehingga bisa tahan lama (Baca : 10 Tips Agar Baterai HP Awet Tahan Lama).


Matikan fitur yang tidak terpakai

Cek fitur fitur yang ada di smartphone anda, jika memang tidak dipakai sebaiknya matikan saja. Fitur yang berpotensi menghabiskan daya baterai antara lain Bluetooth, GPS, live wallpaper, WiFi, layanan suara, sinkronisasi dan lainnya.


Cek kecerahan layar

Jika aktifitas anda lebih lama di ruangan, sebaiknya gunakan tigkat kecerahan yang rendah.


Buang widget yang tidak perlu

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah widget yang terpasang di smartphone anda. Jika memang tidak terlalu penting, anda bisa membuangnya.


Cek aplikasi yang berjalan di background

Aplikasi aplikasi yang berjalan di background biasanya menjadi biang keladi habisnya baterai. Ada baiknya jika anda cek lalu matikan aplikasi tersebut, atau anda juga bisa sekalian menghapusnya.


Pilih operator yang bagus

Sinyal yang labil biasanya akan membuat baterai akan terkuras. Sebab smartphone anda akan mencari netwok secara terus menerus. Oleh karena itu sebaiknya anda gunakan operator yang memiliki signal bagus.


Hindari tempat yang bersuhu tinggi

Perhatikan di mana anda meletakkan smartphone anda, suhu lingkungan berpengaruh terhadap kekuatan baterai smartphone.


Scheduled On Off

Jika anda memiliki fitur ini sebaiknya gunakan. Set 3 atau 4 kali seminggu. Berdasarkan pengalaman penulis cara ini cukup ampuh mengatasi baterai boros yang tiba tiba (akibat jatuh atau yang lainnya).


Kalibrasi baterai

Jika smartphone anda tidak memiliki fitur di atas, anda bisa menggunakan sebuah aplikasi ini yaitu Battery Calibration. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini mengkalibrasi baterai smartphone anda sehingga bisa kembali optimal.

Kenali daya baterai anda

Gunakan smarphone anda sesuai dengan kapasitas baterai yang dimiliki. Jika anda termasuk orang yang aktif dalam menggunakan smartphone, maka sebaiknya anda ganti smartphone anda atau beli yang baru.


Taruh di lemari pendingin

Anda bisa mencoba cara ini untuk memperbaiki baterai HP anda yang boros. Taruh baterai anda di plastik kedap udara (biasa buat obat), lalu tarus di lemari pendingin (bukan freezer) semalaman. Nanti sebelum menggunakannya,, anda bungkus dulu dengan kain atau tisu beberapa menit, agar embun tidak membasahi permukaan baterai.


Ganti baterai

Ini merupakan langkah terakhir jika cara di atas tidak menyelesaikan masalah. Perlu diingat, pilih baterai yang orisinil dan kapasitasnya harus sesuai dengan spesifikasi sebelumnya.