Inilah Ciri Ciri Investasi Bodong

Inilah Ciri Ciri Investasi Bodong - Meningkatknya jumlah kelas menengah di Indonesia khususnya di kota kota besar membuat investasi semakin diminati. Ada banyak jenis investasi yang ditawarkan saat ini dari emas (Baca : Cara Mengecek Emas Antam Asli atau Tidak) hingga investasi yang beresiko tinggi.

Agar tidak tertipu oleh investasi bodong yang belakangan ini sedang marak, anda perlu tahu beberapa ciri penipuan berkedok investasi.


Return sangat tinggi

Anda sebaiknya berhati hati dengan produk investasi yang menawarkan imbal hasil (return) yang sangat tinggi bahkan tidak masuk akal. Biasanya dibandingkan dengan deposito, karena memberikan imbal hasil yang PASTI dan BERKALA setiap bulan. Namun, besarannya bisa 10 kali lipat imbal hasil deposito.


100% buyback guarantee

Selain return yang sangat tinggi, anda juga mewaspadai produk investasi yang menawarkan 100% buyback guarantee. Investasi tidak boleh memberikan imbal hasil pasti, kecuali bentuknya tabungan/deposito atau dalam skema pinjaman.


Menggunakan konsep MLM

Jika produk investasi ditawarkan dengan konsep MLM atau tenaga marketing yang sangat agresif, sebaiknya anda hindari


Tidak memiliki izin

Perusahaan atau orang yang menawarkan sebuah produk investasi harus memiliki izin dari otoritas yang terkait dalam hal ini antara lain OJK, Kementrian Keuangan, Bank Indonesia dan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappepti) & Kementrian Perdagangan.


Umur penyedia produk investasi

Walaupun tidak menjadi jaminan, namun sebaiknya anda memilih produk investasi dari perusahaan yang “berumur” lama. Sebab biasanya, skema investasi tipuan akan berjalan dua hingga tahun saja.