Inilah Tips Memilih Caleg Versi LIPI

Inilah Tips Memilih Caleg Versi LIPI - Besok pemilihan legislatif akan dimulai, anda sudah tahu siapa yang mau dicoblos ?. Banyaknya jumlah calon legislatif (Caleg) yang bertarung di Pemilu 2014 (Baca : Inilah Daftar Syarat Suara Sah di Pemilu 2014) memang membuat bingung masyarakat, mungkin termasuk anda juga.

Ada beberapa faktor yang biasa dijadikan masayarakat dalam memilih seorang Caleg. Ada yang karena faktor kedekatan secara sosial seperti teman, tetangga atau semacamnya, ada juga yang karena sering melihat baliho atau pamfletnya.

Tips Memilih Caleg Versi LIPI


Siti Zuhro, seorang pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan (LIPI) memberikan saran mengenai masalah tersebut. Ia menyarankan masyarakat memilih calon legislatif di urutan bawah. Misalnya calon nomor tiga atau di bawahnya.

Alasannya, calon di nomor jadi, terutama urutan pertama adalah petahana (incumbent) yang menjabat di periode 2009-2014. Sedangkan penelitian Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) sudah menunjukkan kinerja mereka buruk.

"Hanya 0,05 persen dari 200.000 caleg layak pilih. Memang banyak petualang politik berusaha maju lagi, tapi kan ada pilihan caleg baru, karena setiap partai mengajukan 9 caleg, misalnya nomor tiga atau yang bawah masih idealis atau bagus. Jadi pasti choices-nya oke kok," kata Zuhro

Pekan lalu, Formappi melakukan penilaian terhadap 519 anggota DPR RI selama satu tahun pada 2012. Hasilnya, rapor mereka rata-rata cuma 3,76 alias buruk.