Nih Dia Prediksi Koalisi untuk Pemilihan Capres 2014

Nih Dia Prediksi Koalisi untuk Pemilihan Capres 2014 - Dari hasil pemilihan legislatif kemarin (Baca : Inilah Hasil Quick Count Pemilihan Legislatif 2014 Lengkap) terlihat kekuatan partai partai sangat berimbang. Walaupun hanya quick count atau perhitungan cepat, namun biasanya hasilnya tidak jauh beda dari hasil perhitungan resmi KPU.

Lalu bagaimana hitung hitungan pada pemilihan capres nanti ? Jeffrie Geovanie, Board Advisor dari CSIS akan memberikan gambarannya untuk anda.

Namun sebelum itu sebagai bahan referensi, sesuai Undang-undang nomor 42 tahun 2008 tentang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, setiap partai yang ingn mengusung pasangan Capres atau Cawapres harus memenuhi syarat memiliki kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR, atau memperoleh 25 persen dari suara sah nasional dalam Pemilu anggota DPR.



Menurut Jeffrie ada 3 koalisi besar yang muncul pada pemilihan capres nanti, tentu dengan masing masing capresnya. Tiga koalisi tersebut akan bertopang pada tiga partai besar yaitu PDIP, Golkar dan Gerindra

Koalisi pertama akan diisi oleh PDIP, PKB dan Nasdem. Koalisi ini diprediksi akan mengusung Jokowi - Surya Paloh atau Jokowi - Muhaimin Iskandar.

Koalisi kedua akan diisi oleh Golkar dan Hanura. Koalisi ini akan mengandalkan Aburizal Bakrie dan Wiranto.

Terakhir, koalisi ketiga akan diisi oleh Gerindra, PPP, PAN dan Demokrat. Koalisi ini diprediksi akan mengusung Prabowo Subianto (Gerindra) Dahlan Iskan (peserta Konvensi Demokrat) atau Prabowo dengan Suryadharma Ali (PPP). Atau opsi ketiga, Prabowo bersama Hatta Rajasa (PAN).