Tips Agar Motor Matik Irit Bahan Bakar

Tips Agar Motor Matik Irit Bahan Bakar - Sepeda motor matic dan biasa memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing, buat anda yang tidak ingin capek memindahkan gigi, motor matik merupakan pilihan yang tepat.

Namun jenis motor matik memiliki satu kekurangan yang cukup signifikan, yaitu konsumsi bahan bakarnya. Pemborosan bahan bakar pada sepeda motor matik dikarenakan oleh jumlah gear yang memang lebih banyak daripada motor bebek,  terlebih jika dipakai kota kota besar yang akrab dengan kemacetan. Lalu bagai cara mengatasinya ?

Berikut beberapa tips yang bisa anda pakai untuk motor matik anda agar irit bahan bakar.



Cek pengapian secara rutin

Memeriksa sistem pengapian, terutama bagi motor matic yang masih menggunakan karburator menjadi salah satu agenda yang harus dilakukan pemilik matic secara berkala dan regular, minimal sebulan sekali. Jika anda sudah menggunakan matic injeksi, maka perawatan secara berkala dapat dilakukan dengan membawa motor anda ke bengkel yang sudah tersertifikasi.


Filter  udara harus selalu bersih

Komponen lain yang sangat menentukan boros tidaknya konsumsi bahan bakar sebuah motor, yaitu filter udara. Filter udara yang kotor menyebabkan udara yang masuk ke sistem pembakaran melalui saluran intake akan tersendat. Kotornya filter udara motor matic inilah yang sering tidak disadari pengguna dan jika dibiarkan, maka konsumsi bahan bakar pun akan boros.

Kondisi karburator harus prima

Bersihkan karburator secara rutin. Komponen yang bertanggung jawab atas udara yang masuk pada ruang bakar ini akan ikut mengatur boros tidaknya motor matic Anda.


Gunakan oli yang tepat

Dengan oli yang sesuai, maka gesekan antara komponen mesin bisa diminimalisir. Jika gesekan mesin minim, maka hal tersebut juga akan berpengaruh ke kinerja pembakaran yang otomatis akan membuat matic tidak akan 'meminum' bensin di luar kewajaran.


Laju secara stabil

Cara berkemudi merupakan faktor penting dalam konsumsi bahan bakar. Usahan berkendara yang smooth dengan membuka tuas gas secara halus dan stabil (walaupun kondisi jalanan sedang lancar). Hal ini terbukti bisa mengirit konsumsi bahan bakar. Berbeda dengan cara berkendara yang stop and go yang tentu akan menguras bahan bakar.


Pakai jenis bahan bakar yang tepat

Jika kompresi motor matic Anda menuntut untuk menggunakan bahan bakar beroktan tinggi, maka jangan memaksakan untuk menggunakan premium. Hal ini jika dilakukan terus menerus tidak hanya akan membuat motor kesayangan jadi boros, tetapi juga bisa merusak mesin.