Tips Cara Menjaga Paru Paru Tetap Sehat

Tips Cara Menjaga Paru Paru Tetap Sehat - Paru paru mempunyai peranan penting pada tubuh manusia, organ ini bertugas untuk menukar oksigen dari udara dengan karbondioksida dari darah. Untuk menjaga paru paru tetap sehat, anda perlu memperhatikan keadaan udara di sekitar anda. Jauhi tempat tempat yang memang sarang polusi, seperti asap rokok.

Namun di kota kota besar polusi tentu bukan hanya dari asap rokok, asap dari kendaraan juga menjadi masalah buat kesehatan paru paru anda. Berikut ini akan di share beberapa tips agar paru paru anda tetap sehat.



Berhenti merokok

Buat anda yang masih merokok, sebaiknya hentikan dari sekarang agar paru paru anda tidak bermasalah di kemudian hari (Baca : 16 Tips Cara Berhenti Merokok).


Menjaga kebersihan diri

Dengan rutin menjaga kebersihan diri sendiri, kuman dan partikel akan menjadi bersih, ketika terhirup tidak akan menjadi masalah untuk organ paru, dan paru-paru akan senantiasa sehat.


Makan bergizi

Meningkatkan daya tahan tubuh, apa pun yang masuk ke dalam tubuh, tubuh akan lebih fit. Agus mengatakan, bila daya tahan tubuh kita baik, paru-paru akan menjadi sehat.

Hindari asap rokok

Asap rokok mengandung banyak sekali racun, anda sebaiknya jauhi tempat atau orang orang yang sedang merokok. Dari segi kesehatan, perokok pasif memiliki resiko kesehatan yang lebih tinggi dibandingkan perokok aktif.


Istirahatlah yang cukup

Ketika anda tidur, tubuh akan melakukan detoksifikasi atau proses mengeluarkan racun, salah satunya adalah pada bagian paru paru.


Minum cukup

Dianjurkan untuk mengonsumsi air putih 2 liter atau 8 gelas per hari. Dengan rutin minum, akan menjaga stabilitas cairan dalam tubuh sehingga oksigen yang masuk akan didistribusikan oleh darah.


Olahraga

Berolahraga di pagi hari di tempat yang udaranya masih bersih sangat bermanfaat untuk membuang kotoran atau kuman yang bersarang dalam paru. Selalin itu olahraga juga akan membantu melatih paru-paru anda jadi sehat.


Memulai aktivitas lebih pagi.

Dengan memulai aktivitas lebih pagi, seperti berangkat ke tempat kerja, maka paparan polusi udara pun masih sedikit. Artinya, udara masih relatif masih bersih sehingga dampak polusi masih dapat diminimalisasi.


Masker

Ketika anda bepergian, sebaiknya gunakanlah masker pelindung. Hal ini untuk mencegah zat zat radikal bebas yang dapat merusak paru paru anda. Jenis masker yang dirokemendasikan adalah yang tipe N-95 dan R-99. Anda bisa mendapatkannya di apotik.