Tips Isi Bensin yang Tidak Buat Boros Uang

Tips Isi Bensin yang Tidak Buat Boros Uang - Jika bicara soal kendaraan bermotor baik itu motor maupun mobil, biasanya yang dibahas hanya seputar komponen mesin, aksesoris dan keunggulannya saja, padahal ada faktor lain yang cukup diperhitungkan jika ingin uang di dompet anda awet (Baca : Tips Agar Motor Matik Irit Bahan Bakar). Apa itu ? Ya, masalah pengisian bahan bakar.

Tips Isi Bensin yang Tidak Buat Boros Uang


Isi pada malam hari

Jika anda ingin menghemat uang bensin kendaraan, isilah bensin pada malam atau sore hari. Suhu yang lebih dingin saat sore atau malam hari akan membuat bensin menjadi lebih padat. Sebaliknya, suhu panas pada pagi dan siang hari membuat bensin lebih cepat memuai.


Gunakan slow mode

Ada beberapa settingan nosel saat pengisian bahan bakar, ada baiknya jika anda meminta kepada petugas untuk menyetting nosel pada posisi slow mode. Dengan posisi slow mode, bensin akan masuk secara perlahan dan meminimalisir bensin yang menguap. Hal ini mungkin bisa anda lakukan di pom bensin ynag tidak begitu ramai.


Jangan sampai kosong

Isi bensin kendaraan saat tangki masih setengah penuh. Tangki bensin yang kosong akan memiliki banyak ruang udara sehingga bensin akan mudah menguap karena udara dalam ruang kosong tersebut.


Jangan melakukan pengisian saat trus mengisi storage tank

Jangan melakukan mengisi bensin di SPBU yang tengah melakukan pengisian storage tank alias truk bensin. Karena bensin yang berada ruang penyimpanan akan teraduk dan kotoran yang mengendap di dasarnya akan masuk ke dalam kendaraan anda.


Selalu cermati volume pengisian dan harga

Sudah menjadi rahasia umum kalau ada beberapa pom bensin yang melakukan kecurangan saat pengisian bahan bakar. Oleh karena itu sebaiknya anda cermati volume pengisian dan uang yang anda bayar.