1 Ramadhan Jatuh Pada Tanggal 29 Juni 2014 ?

1 Ramadhan Jatuh Pada Tanggal 29 Juni 2014 ? – Beberapa minggu lagi umat Islam di seluruh dunia akan menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan, di mana pada bulan tersebut umat Islam diwajibkan berpuasa sebulan penuh.

Sama seperti tahun tahun sebelumnya, tahun 2014 ini sepertinya akan kembali terjadi perbedaan dalam penetapan 1 Ramadhan 1435H. Pemerintah melalui Kementrian Agama akan melakukan sidang isbat dibarengi dengan ruqyatul hilal di sejumlah tempat.

"Kami akan melakukan rugyatul hilal pada Sabtu sore, 28 Juni nanti. Sekaligus menunggu keputusan Kementerian Agama," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan Muhammad Gazali Suyuti

Sementara itu Wakil Ketua Pimpinan Nahdlatul Ulama Sulsel Muhammad Arfah Siddiq mengatakan pihaknya menduga bahwa akhir bulan Sya'ban jatuh pada Sabtu 28 Juni mendatang. Sebab, jauh sebelum Ramadan ditetapkan, semua pemuka agama telah menentukannya

Arfah menjelaskan, ketika sidang isbat dilakukan, maka sudah bisa diketahui 1 Ramadan jatuh pada tanggal berapa. Sebab, bulan sudah kelihatan seperti rambut meskipun hanya sepintas. Karena itu, kata dia, awal Ramadan belum bisa ditetapkan sebelum bulan mencapai 2 derajat. "Kalau bulan masih di bawah 2 derajat, itu belum bisa dianggap 1 Ramadan. Jadi nanti di atas 2 derajat baru bisa dikatakan masuk Ramadan," tutur Arfah.

Hal serupa juga dikemukakan oleh Thomas Djamaluddin, salah satu peneliti di LAPAN, menurutnya pada tanggal 27 Juni 2014, bulan masih sangat rendah, hampir mustahil bisa dilihat melalui metode rukyat. Sehingga kemungkinan pemerintah dan ormas yang menggunakan metode rukyat seperti Nahdlatul Ulama (NU) menetapkan awal atau 1 Ramadhan 1435 H/2014 M jatuh pada 29 Juni 2014.

Adapun 1 Syawal 1435 diprediksi bakal jatuh serentak pada hari Senin 28 Juli 2014. Pemantauan bulan untuk penetapan 1 Syawal (lebaran) berada di atas 3 derajat sehingga memungkinkan dilakukan pengamatan langsung atau rukyat. Sehingga 1 Syawal diperkirakan jatuh pada 28 Juli.

1 Ramadhan Jatuh Pada Tanggal 29 Juni 2014


Sekretaris Muhammadiyah Cabang Makassar Ilham Hamid mengatakan kalangan Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadan jatuh pada hari Sabtu, 28 Juni mendatang. Sesuai dengan ketetapan Pimpinan Pusat Muhammadiyah berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid. "Kita tetapkan 1 Ramadan 1435 Hijriyah pada hari Sabtu. Jadi malamnya kita sudah melakukan salat tarawih," kata Ilham.

Mengenai Hari Raya Idul Fitri, pihaknya juga sudah menetapkan yaitu jatuh pada tanggal 28 Juli 2014.