Daftar Fitur Baru di Android 5 Lolipop

Daftar Fitur Baru di Android 5 Lolipop – Versi terbaru dari Android sudah diperkenalkan pada event Google I/O. Android 5 yang berinisial L ini tidak hanya menawarkan performa yang meningkat tapi juga fitur fitur yang membuat penggunanya semakin antusias.

Ada beberapa fitur yang menjadi andalan Android L. Apa saja itu, yuk dilihat ulasannya di bawah ini.

Daftar Fitur Baru di Android 5 Lolipop


Dapat Digunakan di Prosesor 64-bit

Lollipop dapat digunakan di perangkat dengan prosesor 64-bit seperti Snapdragon 808 dan Snapdragon 810.


Tampilan antarmuka baru

Tampilan antarmuka Android L sedikit berbeda dengan KitKat. Penuh warna dan Google menyebutnya sebagai desain Material.


Google Now yang sudah diperbarui

Google Now, fitur saingan Siri dan Cortana ini nantinya dapat terhubung ke aksesori wearable dan perangkat pintar lain.


Fitur Kesehatan

Buat anda yang suka olahrga, fitur ini sangat bermanfaat untuk anda. Data aktivtas olahraga anda dapat terkoneksi dengan perangkat lain, salah satunya lewat platform wearable, Android Wear. Ini sekaligus menantang fitur serupa yang akan hadir di iOS 8 buatan Apple, HealthKit.


Tombol navigasi baru

Tampilan tombol navigasi di Android L tak lagi sama. Segitiga untuk back, lingkaran untuk home dan kotak untuk daftar aplikasi yang baru dibuka.


Keamanan Data

Keamanan gadget masih diperhatikan oleh Google, hal ini terlihat dari sistem keamanan baru akan digunakan oleh Google. Nantinya sistem ini dapat melindungi pengguna, jika ponsel atau sabak digitalnya dicuri.


Notifiasi selalu muncul

Untuk melihat notifikasi pada KitKat pengguna harus menarik layar dari atas ke bawah. Pada Android L hal itu ternyat tidak perlu dilakukan. Notifikasi akan muncul setiap saat di atas layar. Entah itu ketika pengguna sedang berada di home screen, atau saat sedang membuka aplikasi lain


Sistem Keamanan Berbasis Suara

Ketika produsen perangkat bergerak berlomba-lomba menghadirkan fingerprint, Google berinovasi lewat sistem keamanan berbasis suara. Pengenalan suara diklaim lebih efektif dibanding sidik jari.


3D Multitasking

Hal kecil yang ditanamkan Google pada Android L adalah menu multitasking. Fungsi ini memang masih menampilkan 'recent apps' tapi dengan visual yang berbeda. Jika dulu hanya dalam bentuk 2D, kini bentuknya dibumbui efek 3D. Kurang lebih tampilannya mirip dengan multi tab pada browser Chrome di Android.