Inilah Ciri Botol Minum dari Plastik yang Baik dan Sehat

Inilah Ciri Botol Minum dari Plastik yang Baik dan Sehat – Penggunaan botol plastik untuk minuman sudah biasa di masyarakat, selain praktis botol plastik juga lebih mudah dibawa kemana mana bila dibandingkan dengan botol yang terbuat dari kaca.

Namun belakangan ini, keamanan botol plastik dari segi kesehatan mulai dipertanyakan. Pasalnya berdasarkan penelitian, kandungan yang ada di dalam botol plastik bisa menimbulkan resiko gangguan kesehatan tertentu.

Lalu, bagaimana cara memilih botol minum yang aman untuk kesehatan ?


Kode daur ulang 2, 4 dan 5

Ciri pertama botol plastik yang aman adalah memiliki kode daur ulang bernomor 2, 4 dan 5. "Hindari botol minum yang kode daur ulangnya 3 atau 7, terutama (botol minum) untuk anak-anak," saran Michael Moore, profesor bidang toksikologi dari University of Queensland.

Kode 1,3,6 dan 7 seluruhnya memiliki bahaya secara kimiawi. Botol yang memiliki kode ini, merupakan botol sekali pakai. Untuk mengetahui kode tersebut, anda bisa melihat gambar di bawah ini.

Kode daur ulang



Label BPA-free

Label BPA-free

Kedua, botol tersebut memiliki label “BPA-free”. BPA sendiri merupakan singkatan dari Bisphenol A, sebuah materi pengikat partikel-partikel untuk membentuk plastik Polycarbonate (PC), yang merupakan salah satu bahan alternatif untuk membuat berbagai perangkat plastik, seperti peralatan makan dan minum


Transparan

Anda sebaiknya selalu pilih botol minum yang transparan, bukannya berwarna atau buram (tak tembus cahaya) meskipun terlihat lebih menarik. Ini untuk mengurangi resiko kecil dari zat pewarna.


Lihat kondisi botol

Jika kondisi botol sudah tidak bagus seperti tergores, rusak atau kusam, sebaiknya anda tidak gunakan botol tersebut.