Tips Agar Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC

Tips Agar Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC – Pendingin udara atau AC merupakan salah satu cara untuk mengurangi suhu ruangan yang panas, namun penggunaan AC dalam jangka waktu yang panjang bisa berdampak buruk bagi kesehatan (Baca : 9 Tips Mengurangi Dampak Negarif dari AC).

Sebenarnya ada cara lain yang lebih alami untuk mengurangi suhu panas di ruangan. Jika anda tertarik untuk menerapkannya, anda bisa mencoba tips di bawah ini.


Jangan biarkan sinar matahari masuk

Usahakan sinar matahari tidak masuk ke rumah anda. menutup jendela dengan gorden atau dengan krepyak bambu bisa mengurangi panas sekitar 60 sampai 80 persen.


Gunakan gorden warna putih

Gunakan gorden atau penutup jendela lainnya yang berwarna putih. Warna putih akan memantukan sinar matahari. Jika anda tidak memiliki gorden warna putih anda bisa menggunakan yang warna perak.


Basahi atap rumah

Basahi atap rumah anda di sore hari, ketika matahari hampir terbenam. Hal ini membantu rumah anda terasa sejuk.


Matikan lampu yang tidak perlu

Lampu merupakan salah alat yang bisa menghasilkan panas. Jika memang tidak perlu, sebaiknya anda matikan.


Taruh tanaman di ruangan

Cara terakhir, anda bisa menaruh sejumlah tanaman di dalam rumah (Baca : Daftar Tanaman Rumah yang Kuat dan Tahan Lama). Pada siang hari, tanaman menghasilkan oksigen yang membuat interior rumah anda terasa lebih sejuk dan segar secara alami.