Tips Agar Tidak Cepat Lelah Saat Mudik

Tips Agar Tidak Cepat Lelah Saat Mudik – Mendekati hari Idul Fitri, arus mudik biasanya mulai meningkat baik itu yang menggunakan mobil maupun motor (Baca : Tips Mudik Asik dengan Sepeda Motor). Buat anda yang berencana mudik dengna kendaraan sebaiknya persiapkan diri anda dan kendaraan anda sedini mungkin agar selama perjalanan mudik tidak ada masalah (Baca : Tips Agar Rumah Tetap Aman Ditinggal Mudik).

Hal lain yang perlu anda perhatikan sebelum berangkat mudik adalah kondisi stamina. Ada beberapa tips yang bisa anda pakai agar stamina anda selama perjalanan mudik tidak cepat habis.


Tips Agar Tidak Cepat Lelah Saat Mudik

Istirahat total 2 hari sebelum mudik

Jika anda pekerja kantoran dan berencana untuk mudik menggunakan kendraan, sebaiknya ambil cuti minimal 2 hari sebelum hari mudik, sehingga anda bisa mengumpulkan stamina untuk mudik nanti.


Olahraga

Selain istirahat, ada baiknya jika anda juga melakukan olahraga ringan secara rutin sebelum mudik.


Jangan langsung berangkat setelah sahur

Jika anda memutuskan tetap puasa saat mudik, usahakan tidur 10-45 menit sebelum mudik, jangan lansung mengemudi setelah sahur. Sebab tubuh anda akan merespons dengan menjadi lelah dan mengantuk.


Jangan konsumsi karbohidrat secara berlebihan

Karbohidrat merupakan sumber energi untuk tubuh, namun sebaiknya anda jangan makan terlalu banyak karbohidrat saat sahur. Ini akan membuat anda cepat mengantuk.


Pilih waktu berangkat yang tepat

Anda bisa memperkirakan waktu yang tepat untuk berangkat mudik berdasarkan jalur perjalanan yang anda pilih.


Istirahat setiap 2 jam atau 240 km

Stamina orang dalam mengendarai tentu berbeda beda, namun begitu ada baiknya jika anda beristirahat secara periodik, bisa 2 jam sekali atau 4 jam sekali. Jangan terlalu memaksa tubuh anda, jika memang sudak menunjukan kelelahan.


Hindari musik yang monoton

Musik merupakan salah satu cara efektif untuk menjaga kebugaran dalam mudik, tapi sebaiknya anda hindari mendengarkan musik dengan beat yang berulang alias monoton saat mengemudi. Hal ini dapat meunculkan kejenuhan yang akhirnya membuat tubuh anda cepat lelah


Waspada terhadap sinar matahari

Sinar matahari dapat menyebabkan dehidrasi yang dapat mengganggu kemampuan mengemudi


Pengemudi cadangan

Jika anda ragu dengan kondisi stamina anda selama perjalanan mudik nanti, sebaiknya anda persiapkan pengemudi cadangan. Bisa dari saudara, kerabat atau orang lain.


Jaga emosi

Berkendaralah dengan santai tanpa terburu buru. Patuhi semua rambu lalu linitas selama perjalanan. Jika ada pengendara lain yang berbuat kesalahan, jaga emosi anda.