Cara Ampuh Mengatasi Perangkat USB Tidak Terdeteksi

Cara Ampuh Mengatasi Perangkat USB Tidak Terdeteksi – Perangkat USB seperti flash disk atau modem adakalanya tidak terkoneksi dengan baik di PC atau laptop saat ingin menggunakannya. Hal ini tentu tidak hanya menjengkelkan tapi juga menggangu produktivitas kerja kita.

Ada beberapa penyebab mengapa flash disk atau modem tidak dapat dideteksi oleh PC. Untuk jelasnya, anda bisa simak info di bawah ini.

Cara Ampuh Mengatasi Perangkat USB Tidak Terdeteksi

Mencabut dan memasangnya kembali

Cara ini biasa dilakukan ketika perangkat USB tidak terdeteksi oleh PC atau laptop kita. Namun jika tidak berhasil, anda bisa mencoba cara yang kedua.


Restart komputer

Selain mencabut perangkat flash disk, anda bisa lakukan restart atau shutdown pada PC anda terlebih dahulu. Setelah itu, anda bisa coba lagi.


Coba di Port USB lain

Jika kedua cara diatas tidak membuahkan hasil, sebaiknya anda coba port USB lain di komputer atau laptop anda. Sebab, bisa saja port USB yang sedang Anda gunakan memang rusak.


Coba di PC lain

Untuk memastikan bukan perangkat flash disk anda yang bermasalah, anda bisa mencoba ke komputer lain. Jika bisa terdektesi, itu berarti anda harus melakukan install ulang driver port USB di komputer anda.


Instal ulang port USB

Anda tinggal masuk kolom 'Search' di tombol 'Start' dan mengetik 'restore point' lalu pilih 'Create a restore point'. Setelah membuat sebuah restore point (jangan melanjutkan jika restore point belum terbentuk) jangan lupa untuk menutup semua aplikasi yang anda jalankan.

Selanjutnya, buka 'Device Manager' dan lihat deretan ikon USB di bagian 'Universal Serial Bus controller'. Uninstal semua daftar di bawahnya lalu restart kembali komputer anda, bila semua berjalan lancar maka Windows secara otomatis menginstal ulang port USB.

Jika tidak, maka anda harus install ulang sendiri, Pastikan, anda menggunakan driver Windows yang cocok.