Daftar Fitur Unggulan Android 5.0 Lollipop

Daftar Fitur Unggulan Android 5.0 Lollipop – Versi terbaru OS Android sebenarnya sudah diperkenalkan pada bulan Juli lalu, namun pada saat itu Google belum memberinya nama dan hanya diberikan inisial L. Kini Google secara resmi merilis OS Android versi terbaru yang diberi nama Android 5.0 Lollipop.

Ada beberapa fitur unggulan di Android Lollipop yang bisa anda temukan. Beberapa di antaranya akan dishare di bawah ini.

Daftar Fitur Unggulan Android 5.0 Lollipop


Material Design

Anda akan menemukan user interface yang menarik di Android Lollipop. Antarmuka yang baru ini akan menampilkan warna yang lebih cerah, dan animasi yang lebih mulus. Ikon-ikon seperti 'back/ return', 'home', dan 'option' pun mendapatkan tampilan baru yang dapat dilihat pada bagian bawah layar.


Support semua kehidupan digital

Android 5 Lollipop tidak hanya bisa digunakan pada tablet dan smartphone saja, tapi juga bisa ke mobil, smartwatche dan televisi.


Daya baterai lebih lama

Anda akan mendapatkan fitur Project Volta di Lollipop. Fitur ini diklaim dapat memberikan pengguna 90 menit tambahan pada daya baterainya.


Peningkatan sistem keamanan

Meningkatnya ancaman malware dan virus pada perangkat Android, membuat Google memperbaharui sistem keamanan di Android versi terbarunya yaitu dengan Personal Unlocking. Fitur ini bertujuan membantu pengguna menjaga ponsel dengan aman, tanpa passcode, dan pilihan lainnya.

Personal Unlocking memungkinkan pengguna untuk menetapkan lokasi tertentu dimana ponsel itu aman untuk membuka tanpa PIN atau keamanan layar kunci lainnya.


Notifikasi yang baru

Berbeda dengan versi sebelumnya, sistem notifikasi di Android Lollipop memungkinkan pengguna untuk dapat mengakses seluruh daftar notifikasi langsung dari lock screen. Pengguna dapat mengusap layar ke arah bawah untuk membuka panel notifikasi untuk informasi lengkap. Untuk membuka lock screen, pengguna hanya tinggal mengusap layar ke arah atas.


Terintegrasi dengan Chromebook

Chromebook akan dapat mengetahui apakah ponsel anda di dekatnya dan secara otomatis login masuk ke dalam Chromebook. Seperti pemberitahuan dari Android dapat langsung disambungkan ke Chromebook anda, dan panggilan, pesan dapat dikomunikasikan di laptop anda.


Dukungan arsitektur 64-bit

Untuk pertama kalinya, Android 5.0 Lollipop adalah OS Android yang sudah dioptimalkan untuk arsitektur 64-bit, dan tentu saja optimasi ini bisa digunakan di smartphone dan tablet. Rumornya tablet Nexus 8 milik Google nantinya akan menjadi Nexus pertama yang akan menggunakan prosesor 64-bit bikinan Intel.


Perubahan interface multitasking

Dengan perubahan interface multitasking secara besar besaran, anda akan lebih mudah melakukan perpindahan aplikasi Android dan menavigasi antara aplikasi dengan memungkinkan hasil pencarian untuk melompat langsung ke sub bagian dalam aplikasi yang berbeda.


Tambahan bahasa baru

Lebih kurang ada 68 bahasa baru yang ditambah Google di OS terbarunya ini.