Tips Meningkatkan Keamanan Smartphone Anda

Tips Meningkatkan Keamanan Smartphone Anda – Kecanggihan yang ditawarkan smartphone saat ini tidak hanya membawa dampak positif, tapi juga mengundang perilaku negatif, salah satunya adalah pencurian data.

Perlu kewaspadaan yang ekstra untuk mencegah hal tersebut terjadi. Selain itu anda juga harus meningkatkan proteksi mandiri di ponsel anda. Bagaimana caranya ? Simak ulsannya di bawah ini.

Tips Meningkatkan Keamanan Smartphone Anda


Hindari penggunaan WiFi

Hindari browsing internet menggunakan fasilitas WiFi publik, terutama ketika anda melakukan perbankan online. Penggunaan WiFi akan mempermudah pelaku kejahatan untuk membobol smartphone anda.


Gunakan VPN

Untuk pengguna Android, anda bisa menggunakan layanan yang bernama Virtual Private Network (VPN). Layanan ini akan membantu anda mengenkripsi semua jaringan Hotspot yang digunakan.


Gunakan dan update antivirus

Seperti halnya PC, smartphone juga rentan akan virus atau malware. Jika anda suka menggunakan internet, sebaiknya pasang dulu aplikasi antivirus di smartphone anda. Jangan lupa untuk terus mengupdatenya.


Jangan lupa gunakan fitur kunci

Setiap smartphone pasti memiliki fitur “kunci” secara otomatis. Pastikan anda gunakan tipe kunci yang benar benar aman, seperti PIN, password atau foto wajah.


Gunakan aplikasi dari sumber yang jelas

Biasakan untuk mengunduh aplikasi dari tempat yang jelas seperti Play Store untuk Android dan App Store untuk pengguna Apple.


Gunakan browser yang aman

Beberapa browser yang ada di Android, seperti Google Chrome atau Firefox, memiliki opsi untuk mengaktifkan ‘Do Not Track’ (DNT) terhadap protokol HTTP. Dengan demikian, beberapa situs yang memanfaatkannya –biasanya layanan iklan– tidak akan mencatat setiap apa yang dikunjungi.


Jangan Simpan Semua Password

Hindari menyimpan password ke layanan online dan situs pada perangkat anda. Hal ini bisa berbahaya, bila ponsel berpindah tangan.


Gunakan APG

Android Privacy Guard (APG) merupakan cara setting untuk perangkat smartphone Android sebagai solusi untuk mengenkripsi email dan satu layanan yang sangat ampuh dalam mencegah hacker menggerogoti data-data anda. Gunakan APG bersamaan dengan aplikasi email K-9.


Gunakan fitur anti maling

Fitur ini bisa anda temukan di apikasi pihak ketiga atau dari layanan Android Device Manager. Untuk aplikasi pihak ketika, anda bisa mencoba fitur anti maling di AVG.


Backup Data

Anda bisa melakukan backup data secara manual atau dengan bantuan aplikasi yang banyak tersedia di Google Play dan bisa diunduh secara gratis.


Buat Multiple akun

Jika anda memiliki gadget yang sering dipakai orang lain, sebaiknya buat multiple akun. Ini akan membantu untuk melindungi privasi anda. Di OS Android Jelly Bean untuk tablet, ada pilihan bagi pengguna untuk membuat beberapa account pengguna. Pengguna dapat membuat akun umum lain untuk siapa saja yang ingin menggunakan perangkat mereka. Pilihan ini di bawah bagian Settings> User.