Hal Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Jual Smartphone

Hal Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Jual SmartphoneAda banyak cara untuk mendapatkan gagdet baru seperti smartphone atau tablet tanpa membuat kantong jebol (Baca : Cara Gonta Ganti HP yang Tak buat Kantong Jebol), salah satunya adalah menjual gadget kita yang lama.

Namun anda harus hati hati, sebelum menjual smartphone atau tablet anda harus lakukan beberapa hal agar data yang ada di smartphone anda tidak disalahgunakan oleh orang lain. Apa saja itu ?


Hal Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Jual Smartphone

Back Up Data

Ini hal pertama yang harus anda lakukan sebelum menjual gadget anda. Back Up semua data yang ada di smartphone atau tablet anda, baik itu foto maupun data kontak. Anda bisa menggunakan SD Card atau Google Drive.


Factory Reset

Jika sudah memback up semua data, selanjutnya anda bisa lakukan factory reset. Langkah ini akan membuat gadget anda seperti semula, yaitu pertama kali dari pabrik. Untuk melakukannya, anda bisa masuk ke Setting lalu Backup & Reset kemudian Factory data reset dan tekan Reset Phone.


Enkripsi

Berdasarkan penelitian dari Avast, gadget yang sudah dilakukan factory reset masih rawan untuk diambil data sebelumnya. Oleh karena itu, ada baiknya jika anda lakukan enkripsi data. Caranya, dengan masuk ke Setting pilih Security kemudian Encrypt Phone.