Inilah Alasan Mengapa Anda Harus Segera Daftar BPJS Kesehatan

Inilah Alasan Mengapa Anda Harus Segera Daftar BPJS Kesehatan – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) merupakan sebuah sarana untuk masyarakat agar terjamin biaya kesehatannya, dengan besaran iuran yang terjangkau.

Saat ini untuk mendaftar di BPJS cukup mudah, anda bisa melakukannya secara online (Baca : Cara Lengkap Daftar BPJS Secara Online Terbaru). Sehingga anda tidak perlu lagi mengantri subuh subuh di kantor BPJS.

Lalu pertanyaannya, mengapa dianjurkan untuk segera daftar BPJS Kesehatan ?

Ini tidak lepas dari rencana pihak BPJS yang akan mengkaji ulang tatacara pendaftaran. Cukup banyaknya peserta mandiri yang “mengakali” BPJS, yaitu mereka mendaftarkan dirinya ke BPJS Kesehatan ketika sakit, membuat pendanaan menjadi ketat.

"Kita maunya gotong royong. Lagi sehat daftar lah, jangan bayar pas lagi sakit saja. Namun mugkin akan kita review lagi karena ini hak masyarakat dan agar jangan sampai ini menghambat pelayanan masyarakat," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Kesehatan Untung Suseno Sutarjo

Inilah Alasan Mengapa Anda Harus Segera Daftar BPJS Kesehatan

Kartu tidak langsung aktif

Jika prosedur pembuatan kartu kesehatan yang baru resmi diberlakukan, maka anda tidak bisa langsung menggunakannya untuk berobat seperti sekarang. Anda harus menunggu selama 7 hari atau seminggu setelah membayar premi pertama agar kartu BPJS Kesehatan bisa digunakan.

Ini mendapatkan tentangan dari beberapa kelompok masyrakat salah satuya dari Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Prof. Hasbullah Thabrany. Ia menilai aturan ini melanggar hak rakyat.