Cara Mudah Mengatasi Baterai Smartphone yang Ngedrop

Cara Mudah Mengatasi Baterai Smartphone yang Ngedrop – Baterai merupakan salah satu bagian penting pada smartphone (Baca : Kelebihan Kekurangan Baterai Removable dan Non Removable). Salah satu masalah yang sering terjadi pada baterai smartphone adalah daya baterai yang cepat habis alias ngedrop.

Untuk mengatasi baterai smartphone yang ngedrop, anda bisa lakukan kalibrasi. Ini untuk mengembalikan sistem pengaturan baterai smartphone anda kembali seperti sedia kala.

Ada beberapa cara untuk melakukan kalibrasi pada smartphone. Anda bisa gunakan aplikasi pihak ketiga, namun cara ini biasanya membutuhkan root dan tentunya akan merepotkan. Jika anda ingin lebih simple, anda bisa mencoba cara di bawah ini.

Cara Mudah Mengatasi Baterai Smartphone yang Ngedrop


1. Hal pertama yang harus anda lakukan untuk mengkalibrasi smartphone adalah mengisi ulang baterai hingga penuh. Setelah baterai terisi penuh, cabut charger dan matikan smartphone.

2. Saat smartphone dalam keadaan mati, lakukan pengisian daya kembali sampai baterai terisi penuh.

3. jika sudah penuh, kembali cabut charger dan hidupkan smartphone. Atur agar lampu latar belakangnya untuk terus hidup. Anda bisa melakukannya di opsi 'Tampilan' di menu pengaturan.

4. Sekali lagi isi ulang daya baterai sampai 100 persen dalam kondisi smartphone hidup. Kemudian lepas charger dan pakai smartphone seperti biasa hingga baterainya habis atau mencapai 0 persen.

Perlu dicatat, cara ini cara ini mungkin tidak akan bekerja pada smartphone yang baterainya sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan secara fisik, seperti menggelembung dan sebagainya.