5 Langkah Penting Ketika Ponsel Tercebur ke Air

5 Langkah Penting Ketika Ponsel Tercebur ke Air – Insiden ponsel tercebur ke air sering dialami oleh para pengguna ponsel. Walaupun tercemplung tidak lama, namun insiden ini cukup membuat pengguna panik. Lalu apa yang harus dilakukan ketika ponsel tercebur ke air ?

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika ponsel anda tercebur ke air. Berikut ulsannya.

5 Langkah Penting Ketika Ponsel Tercebur ke Air


Matikan segera ponsel anda

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika insiden ini terjadi adalah anda harus segera mematikan ponsel. Tujuannya agar air tidak terlalu masuk ke rangkaian ponsel.


Keringkan bagian luar ponsel

Jika sudah dimatikan, anda bisa keringkan bagian luar ponsel dengan handuk tak berserat. Pastikan bagian tersebut kering terutama di bagian port, speaker, dan microphone.


Bongkar bagian dalam

Setelah bagian luar kering, anda kemudian bongkar bagian-bagian seperti kartu SIM dan baterai, lalu keringkan juga. Lakukan secara hati hati


Taruh di pentimpanan bersama silica

Setelah itu, anda tempatkan perangkat dan bagian-bagian tersebut dalam tas penyimpanan bersama dengan beberapa gel silika (ditemukan dalam produk-produk baru seperti tas) di dalamnya. Silika dirancang untuk menyerap kelembaban.


Tunggu sampai 3 hari

Diamkan ponsel dan perangkat dalamnya selama 3 hari. Walaupun sulit, anda harus melakukannya agar siliki dapat menyerap kelembapan secara maksimal.


Coba nyalakan

Setelah tiga hari berlalu, anda bisa coba menyalakan kembalo ponsel anda.