Cara Membedakan Batu Akik Palsu dan Asli

Cara Membedakan Batu Akik Palsu dan Asli – Peluang bisnis batu akik belakangan ini sangat menggiurkan, tidak aneh jika banyak orang yang mulai menggelutinya, dari petani hingga pekerja kantoran. Namun bisnis ini bukan tanpa resiko, banyaknya batu akik palsu alias sintesis yang beredar di pasaran, membuat pelaku bisnis batu akik mulai khawatir.

Tobikin selaku Ketua Harian Asosiasi Pedagang Batu Mulia JGC mengatakan kalau jumlah batu akik palsu yang beredar saat ini mencapai lebih dari 50 persen. Ia menyarankan para pembeli agar lebih selektif dalam membeli batu akik.

"Kalau mau beli yang asli sebaiknya bawa teman yang ngerti batu. Batu yang asli memiliki serat. Harganya juga lebih mahal dan bisa disertifikasi," kata Toto.



Corak

Karena berasal dari proses alam, batu akik akan memiliki corak atau warna tersendiri. Sedangkan batu sintesis itu dibentuk melalui berbagai proses manual sehingga hasilnya terlalu “indah”.


Serat

Serat yang ada di batu akik asli terlihat seperti retak. Warnanya juga lebih redup terutama batu akik yang masih baru. Anda bisa mengggunakan cahaya matahari atau senter untuk menemukannya. Sedangkan batu akik sintesis tidak memiliki serat sehingga terlihat lebih terang.


Noda

Selain serat, batu akik asli jika disorot juga akan terlihat seperti noda. Berbeda dengan batu akik buatan, biasanya bersih tanpa noda.


Touch screen gadget

Cara yang lain yaitu menggunakan smartphone atau tablet anda. Batu akik asli biasanya bisa menggeser atau merubah layar touch screen di tablet dan handphone.


Lebih berat

Batu akik asli biasanya lebih berat dari batu akik buatan.


Lebih kuat

Batu akik yang asli lebih kuat dan tidak akan pecah. Bisa juga dengan menggoreskan di kaca. Jika asli, maka kaca akan tergores.


Uji di laboratorium

Di antara cara yang lain, mungkin ini cara yang paling meyakinkan. Di Jakarta Gems Center (JGC), Jatinegara, Jakarta Timur disediakan layanan laboratorium untuk mengetahui keaslian batu akik yang dibeli. Laboratorium tersebut terdapat di lantai 2.