Jenis Minuman yang Tidak Boleh Pakai Air Panas

Jenis Minuman yang Tidak Boleh Pakai Air Panas – Menyeruput minuman panas di musim hujan seperti sekarang ini ini tentu paling nikmat. Namun ternyata tidak semua jenis minuman bisa disajikan dengan air panas. Kenapa ?

Menggunakan air panas pada jenis minuman tertentu bisa menghilangkan manfaat yang ada pada minuman tersebut. Alhasil walaupun terasa nimat, minuman tersebut kurang member manfaat untuk tubuh anda.

Jenis Minuman yang Tidak Boleh Pakai Air Panas


Susu

Jenis minuman yang pertama adalah susu. Susu mengandung protein hewani tertentu yang bisa rusak ketika diseduh menggunakan air panas. Ketika diseduh menggunakan air yang bersuhu lebih dari 80 derajat celcius, protein susu ini akan mengalami denaturasi. Karena itu, untuk menikmati segelas susu, cukup seduh dengan menggunakan air hangat.


Jeruk

Jeruk merupakan salah satu makanan sumber vitamin C. Namun sayangnya, sang vitamin memiliki sifat tidak tahan panas. Jika ingin membuat seduhan minuman jeruk maka gunakan air yang memiliki suhu ruang yakni berkisar 20–25 derajat Celsius.


Teh Hijau

Teh hijau dikenal memiliki banyak manfaatnya, namun anda perlu hati hati dalam menyajikannya. Sebab kandungan epigallocatechin gallate sebagai antioksidan akan berpotensi rusak ketika diseduh dalam suhu tinggi. Temperatur yang pas untuk menyeduh teh hijau adalah tidak lebih dari 70 derajat Celsius.

Agar mendapatkan antioksidan yang optimal,  anda bisa menggunakan 3 gram teh dalam satu cangkir. Jika  anda menggunakan teh celup, sebaiknya jangan menggunakan kantong teh lebih dari tiga kali guna mencegah kontaminasi.