Tips Agar Terhindar dari begal Motor

Tips Agar Terhindar dari begal Motor – Belakangan ini begal motor marak terjadi, terutama di kawasan Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek). Biasanya aksi pembegalan dilakukan pada tengah malam hingga dinihari. Para pelaku pun tidak segan segan melukai korban jika melawan. Lalu bagaimana caranya agar terhindar dari begal motor ?

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan agar terhindar dari begal motor. Berikut ulsannya yang diambil dari beberapa sumber.


Tips Terhindar dari begal Motor


Hindari pulang larut malam

Usahakan anda tidak pulang dari tempat kerja terlalu malam. Jika anda lembur, anda bisa menginap di rumah teman ketimbang harus pulang larut malam.


Tidak bepergian sendirian

Jika anda harus keluar di malam hari, ajak teman atau saudara untuk menemani anda. Jangan bepergian sendirian, sebab anda akan menjadi sasaran empuk pembegal motor.


Pilih jalan ramai dan terang

Sebelum anda berangkat kenali dulu rute yang anda lewati. Jika memang banyak kejadian pembegalan di rute yang akan anda lewati, sebaiknya pilih rute lain, tentunya dengan kondisi penerangan yang cukup dan tidak sepi.


Hindari penggunaan motor matik

Motor matik memang nyaman dipakai untuk aktifitas sehari hari (Baca : Tips Agar Motor Matik Irit Bahan Bakar). Namun sebaiknya anda gunakan motor lain seperti bebek, sebab para pembegal lebih memilih motor matik daripada motor bebek.


Pastikan klakson berfungsi

Pastikan suara klakson dalam kondisi berfungsi dengan baik. Penting, karena saat ancaman mendekat, salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mencari bantuan adalah membunyikan klakson sambil mengarah ke area yang banyak orang. Suara klakson tadi bisa mengundang perhatian orang sehingga bantuan yang diharapkan bisa datang tepat waktu


Zikir dan Shalawat

Jika anda umat Islam yang taat, anda tentu tidak ketinggalan kedua bacaan ini, termasuk saat berkendaraan. Salah satu keutamaannya adalah terhindar dari segala bentuk bahaya (InsyaAllah).


Gunakan hastag ‘Pulang Konvoi’

Jika anda sedang mencari teman konvoi ketika pulang, anda bisa menggunakan gunakan hastag ‘PulangKonvoi’ di Twitter. Untuk jelasnya, anda bisa lihat gambar di bawah ini.

Tips Agar Terhindar dari begal Motor

Tips Agar Terhindar dari begal Motor