Cara Alami Mengatasi Gusi Berdarah

Cara Alami Mengatasi Gusi Berdarah – Gusi berdarah merupakan salah satu masalah mulut yang serinh terjadi. Penyebabnya beragam, bisa karena cara menyikat giginya yang salah atau memang ada peradangan di gusi.

Untuk mengatasi gusi berdarah, anda mungkin harus pergi ke doktor gigi. Namun sebelum itu, tidak salahnya jika anda mencoba cara yang alami. Berikut beberapa cara alami untuk mengatasi masalah gusi berdarah.

Cara Alami Mengatasi Gusi Berdarah


Larutan garam

Ini merupakan cara yang paling mudah dan murah untuk mengatasi gusi berdarah. Ambil sedikit garam lalu larutkan dalam air hangat, berkumurlah dengan larutan itu tiga kali sehari.


Minyak cengkeh

Cara yang kedua yaitu menggunakan minyak cengkeh. Herbal ini memiliki khasiat membantu mengurangi peradangan gusi dan menghentikan pendarahan. Anda bisa gunakan minyak cengkeh secara langsung yaitu dengan cara menggosokannya ke gusi anda atau atau cukup kunyah satu atau dua cengkeh.


Lidah buaya

Selain cengkeh, lidah buaya juga berkhasiat mengurangi peradangan gusi. Gunakan sedikit potongan daun lidah buaya dan pijat pada gusi Anda. Biarkan gel lidah buaya mengendap pada gusi sebelum dibilas.


Perbanyak buah-buahan dan sayuran segar

Sayuran dan buah-buahan segar baik untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk bagi kesehatan gusi juga. Buah-buahan dan sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan rendah kalori. Mengunyah sayuran mentah membantu meningkatkan sirkulasi darah di gusi, sehingga membantu untuk mengurangi perdarahan gusi.


Menyikat gigi

Pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati. Jadi, jika anda tidak ingin menunggu sampai peradangan gusi terjadi mulailah rajin menyikat gigi dua kali sehari. Tambahan flossing atau berkumur dengan obat antiseptik juga sangat baik untuk mendukung kebersihan gigi dan mulut.