Inilah Cara Murah Terhindar Penyakit Jantung

Inilah Cara Murah Terhindar Penyakit Jantung – Saat ini penyakit jantung menjadi momok yang menakutkan, pasalnyaa penyakit ini tidak hanya menyerang lanjut usia saja tapi juga kaum muda.

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan jika anda ingin terhindar dari penyakit jantung, salah satunya adalah gaya hidup sehat. Berikut beberapa cara sederhana dan murah untuk mencegah serangan penyakit jantung (Baca : Ini Manfaat Posisi Tidur Menghadap Kanan untuk Kesehatan).

Cara Murah Terhindar Penyakit Jantung


Bubur gandum

Bubur gandum sangat baik dijadikan menu sarapan anda setiap hari. Kandungan beta-glucannya mampu menurunkan kolesterol jahat penyebab sakit jantung.


Bersihkan gigi

Siapa sangka kebersihan gigi ternyata menjadi salah satu faktor penentu kesehatan jantung. Para ahli merekomendasikan agar selalu menjaga kebersihan gigi, baik itu dengan menyikat gigi maupun dengan cek secara rutin ke dokter gigi.


Tidur cukup dan berkualias

Tidur yang cukup dan berkualitas dalam meminimalkan resiko  terkena serangan jantung bahkan kematian. Pastikan kamar tidur anda gelap (Baca : Inilah Manfaat Tidur dengan Lampu Gelap) atau memakai masker tidur, karena cahaya menekan produksi hormon tidur melatonin.


Kurangi konsumsi gula

Berdasarkan studi  di Amerika,  gula bisa menjadi kontributor besar untuk tekanan darah tinggi. Dr James DiNicolantonio, seorang ilmuwan penelitian kardiovaskular di St Luke Mid America Heart Institute, yang memimpin penelitian, mengatakan: "Mendorong konsumen untuk mengatakan tidak pada gula, bukan garam, mungkin strategi diet yang lebih baik untuk mencapai kontrol tekanan darah."


Liburan ke tempat yang cerah

Tahun lalu, para  peneliti di universitas-universitas di Southampton dan Edinburgh menemukan bahwa sinar matahari mengubah kadar oksida nitrat, yang merenggangkan pembuluh darah, membantu tekanan darah turun.


Jangan lewatkan yoghurt

Probiotik atau ‘bakteri baik’ pada  yoghurt bisa membantu menurunkan tekanan darah, terutama pada orang dengan tekanan darah tinggi. Satu teori mengatakan bahwa bakteri 'baik' melawan proses inflamasi terkait dengan penyakit jantung.


Tertawa

Jika anda berkumpul dengan teman teman anda, jangan lewatkan momen tersebut tanpa tertawa, sebab beberapa studi menunjukkan, tertawa memiliki efek penghilang stres yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.


Jangan menahan buang air kecil

Sebuah studi di Taiwan menunjukkan bahwa kandung kemih yang terlalu penuh dapat menyebabkan jantung anda berdetak lebih cepat dan menempatkan tekanan yang tidak perlu pada arteri koroner, memicu mereka untuk berkontraksi.


Terlalu lama duduk

Duduk selama 8 jam sehari dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes sebesar 40 persen. Jika anda pegawai kantoran, usahakan anda duduk maksimal dua jam lalu selingi dengan berdiri atau berjalan selama 30 menit.