Daftar Makanan Berkolesterol Tinggi yang Harus Dihindari

Daftar Makanan Berkolesterol Tinggi yang Harus Dihindari – Kolesterol atau lemak darah sebenarnya dibutuhkan tubuh kita untuk memproduksi hormone dan fungsi membrane. Namun jika berlebihan, bisa berpotensi menimbulkan penyakit jantung dan stroke (Baca : Inilah Cara Murah Terhindar Penyakit Jantung).

Berdasarkan American Heart Association, kebutuhan kolestrol orang dewasa yang sehat per harinya maksimal 300 miligram. Lebih dari itu, bersiap untuk terserang penyakit jantung.

Ada banyak cara untuk menjaga kadar kolesterol kita terus terkontrol, salah satunya adalah pola makan (Baca : Nih Dia Daftar Buah untuk Turunkan Kolesterol). Anda harus mewaspadai beberapa makanan yang memiliki tingkat kolesterol tinggi, seperti yang ada di daftar ini.

Daftar Makanan Berkolesterol Tinggi yang Harus Dihindari

Daftar Makanan Berkolesterol Tinggi yang Harus Dihindari


Kuning telur

Kuning telur mengandung kolesterol dengan 1.234 mg per 100 gram porsi atau sekitar 212 mg per 1 telur utuh.


Hati

Kolesterol yang terdapat hati mencapai 564 miligram per 100 gram.


Mentega

Makanan ini biasanya menjadi pelengkap sarapan anda di pagi hari. Sebagai catatan, Satu sendok makan mentega mengandung 30 miligram, atau sepuluh persen nilai harian.


Udang

Siapa yang tidak suka makanan laut ini, tapi anda harus hati hati sebab udang tanpa digoreng saja untuk mengandung kolesterol yang cukup tinggi yaitu 55 mg per satu ons udang. Angka ini tentu akan bertambah, jika udang tersebut digoreng.


Fast Food

Makanan cepat saji dapat memicu kerusakan jantung karena memiliki tingkat kolesterol yang tinggi, yaitu 172 miligram per 100 gram porsi. (Baca : Daftar Makanan Cepat Saji dan Jenis Olahraganya Lengkap)


Keju

Selain mentega, keju juga kerap dijadikan hidangan utama saat sarapan pagi. Keju mengandung 123 miligram kolesterol untuk setiap 100 gram. Atau, 21 miligram per satu inci kubus keju.


Es Krim

secangkir es krim memiliki lebih banyak lemak dibanding burger, serta lebih banyak mengandung kolesterol dibanding 10 donat. Jadi, hindari es krim untuk mencuci mulut. Sebaiknya Anda mengambil buah segar, atau makanan rendah kalori tapi kayas serat, vitamin, dan nutrisi.


Bebek

Daging bebek memiliki rasa yang berbeda dan lebih berminyak. Meskipun kaya protein dan vitamin B, daging bebek tinggi kolesterol.