Inilah Syarat Mendapatkan Rusun Subsidi di Cengkareng

Inilah Syarat Mendapatkan Rusun Subsidi di Cengkareng – Program satu juta rumah mulai diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo. Nantinya program ini dikhususkan untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah. Harganya pun terbilang murah yaitu berkisar Rp 186 juta hingga Rp 370 juta/unit.

Salah satu lokasi yang menjadi bagian program ini adalah di kawasan elit, Taman Palem, Cengkareng, Jakarta Barat. Rencannaya akan dibuat 18 tower dengan total 5.400 unit di sana.

Meskin dibangun di kawasan elit, Direkur Utama Perum Perumnas Himawan Arif Sugoto yakin rusunami yang dibangun akan jatuh ke orang orang yang tepat.

"Kami sudah tandatangan MoU agar yang membeli masyarakat yang membutuhkan," kata Himawan di acara Peluncuran Program Satu Juta Rumah di Cengkareng.

Inilah Syarat Mendapatkan Rusun Subsidi di Cengkareng


Untuk mendapatkan rusun subsidi di Cengkareng cukup sulit, sebab pihak Perumnas akan menyeleksi secara ketat calon pemiliknya. Tidak hanya pihak Perumnas, pihak bank yang akan memberikan kredit juga akan memverikasi data konsumen.

Himawan mengatakan, untuk mencegah aksi spekulan atau konsumen yang ingin menjadikan rusun tersebut menjadi sarana investasi, ia akan menerapkan aturan begitu perjanjian akad kredit dan serah terima, maka konsumen wajib mengubah KTP (kartu tanda penduduk)-nya menjadi KTP lokasi rusun tersebut.

Kemudian, bila sudah diserahterimakan, rusun akan dikelola oleh perhimpunan penghuni rumah susun (PPRS). Aturan pun tak berhenti di situ, penghuni tidak boleh mengalihtangankan kepemilikan atau menjual rusun kurang dari 20 tahun setelah ditempati.

"Kalau melanggar, sanksinya akan dicabut (kepemilikan)," tutur Himawan.

Sementara itu, General Mamager Regional 3 Perum Perumnas Dede Maslahat menuturkan, kepemilikan pun bakal dicabut bila pemiliknya tidak menempati unit rusun selama 1 tahun.