Manfaat dan Cara Menggunakan Daun Insulin untuk Kesehatan

Manfaat dan Cara Menggunakan Daun Insulin untuk Kesehatan – Daun insulin atau yang memiliki nama ilmiah Tithonia diversifolia, merupakan salah satu alternatif pengobatan untuk penderita diabetes (Baca : Inilah Jenis Buah yang bagus dan Buruk untuk Penderita Diabetes).

Berdasarkan data statistik penderita diabetes dari WHO, Indonesia berada di posisi keempat dengan jumlah penderita diabetes mencapai angka 8 juta. Angka ini diperkirakan akan terus naik seiring gaya hidup masyarakat yang tidak sehat (Baca : 13 Cara agar Terhindar dari Diabetes).

Daun insulin sebenarnya memiliki banyak nama lokal yaitu rondo semoyo, kembang bulan, kayu paik, kipait dan harsaga. Tanaman ini semakin populer di masyarakat karena khasiatnya yang dapat menurunkan kadar gula darah secara alami.

Di luar negeri, tanaman ini populer dengan sebutan mexican sunflower dan biasa digunakan sebagai antidiabetes dan anti virus oleh masyarakat taiwan. Di negara Kenya tanaman ini digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan. Sementara di Nigeria, tanaman daun insulin ini biasa digunakan oleh masyarakat untuk obat malaria, liver, dan radang tenggorokan.

Manfaat dan Cara Menggunakan Daun Insulin untuk Kesehatan


Antioksidan

Daun Insulin memiliki khasiat sebagai antioksidan. Mengonsumsi daun insulin secara teratur bisa menjadi alternatif menghasilkan antioksidan bagi tubuh.


Obat Diabetes

Ini merupakan khasiat utama dari daun insulin. Kandungan yang ada di daun insulin mampu membantu pengobatan para penderita diabetes.


Antimikroba Ginjal Serta Infeksi Pada Kandung Kemih

Untuk mencegah virus atau kuman menyerang kedua organ organ tersebut, anda bisa menggunakan daun insulin sebagai alternatif pencegahan. Sebab daun insulin bisa menjadi antimikroba yang baik ginjal serta kandung kemih.


Mengobati Hati Serta Penguat Hati

 Manfaat selanjutnya daun insulin yaitu sebagai penguat serta obat hati. Konsumsilah ramuan daun insulin secara teratur sehingga bisa terhindar dari penyakit yang menyerang hati.


Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah

 Kadar gula dalam darah yang tinggi bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti darah tinggi. Untuk itu kadar gula dalam darah harus sesuai. Jika kadar gula dalam darah tinggi coba turunkan menggunakan ramuan daun insulin. Daun insulin diyakini mampu menurunkan kadar gula dalam darah.


Obat Liver

 Di luar negeri daun insulin diolah dan diracik sebagai obat untuk mengatasi penyakit liver. Daun insulin setelah diteliti ternyata mengandung zat yang baik untuk mengatasi masalah penyakit liver.


Obat Tenggorokan

 Selain itu juga manfaat daun insulin selanjutnya yaitu sebagai obat tenggorokan. Kandungan zat dalam daun insulin mampu mengatasi masalah tenggorokan.



1. Ambil 10 lembar daun insulin (bisa daun segar ataupun daun yang sudah kering)
2. Rebus dalam 4 gelas air
3. Biarkan rebusan sampai tersisa 3 gelas
4. Diminum saat hangat atau dingin. Ampas sisa rebusan dapat direbus kembali hingga warna bening.

Untuk penyembuhan jamu daun insulin dapat konsumsi 3x sehari (setiap minum 1 gelas). Jika gula darah sudah turun frekuensi konsumsi jamu bisa dikurangi menjadi 2x sehari dan 1x sehari. Rutin memeriksakan kadar gula darah sangat penting dilakukan untuk mengontrol gula darah.


Harga daun insulin


Saat ini banyak yang menjual daun insulin. Untuk yang kering dan dalam ukuran 200 gram, daun insulin dijual dengan harga Rp 20 ribu. Jika anda ingin mencobanya, anda bisa beli di SINI.