Daftar Makanan yang Dianjurkan dan Dihindari Saat Sahur

Daftar Makanan yang Dianjurkan dan Dihindari Saat Sahur – Banyak orang yang melewati sahur saat berpuasa. Padahal sahur banyak manfaat dan keutamaannya, dari segi kesehatan sahur sangat penting untuk memberikan energi pada tubuh saat berpuasa seharian penuh, sehingga anda selalu bersemangat dan tidak cepat loyo (Baca : 4 Jenis Ramuan Agar Kuat Puasa).

Ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan saat sahur, namun ada juga makanan yang harus dihindari (Baca : 7 Tips Agar Bisa Bangun Untuk Sahur). Berikut ulsannya.

Daftar Makanan yang Dianjurkan dan Dihindari Saat Sahur


Daging

Daging merupakan salah satu jenis makanan yang lama dicerna oleh tubuh. Hindari makana  ini jika anda tidak mau mau merasa tidak nyaman selama berpuasa.


Makanan berlemak atau yang digoreng

Selain daging, makanan yang digoreng juga sebaiknya dihindari saat sahur. Kandung lemaknya membuat makanan tersebut lama dicerna oleh tubuh. Ini tentu akan menyebabkan ketidaknyamanan pada perut anda selama menjalankan ibadah puasa.


Seledri

Meskipun bukan termasuk makanan “basah”, seledri ternyata cukup banyak mengandung air. Seledri merupakan diuretik alami yang akan menyebabkan kandung kemih anda penuh, dan akan menyebabkan anda akan selalu buang air yang bisa mengakibatkan anda dehidrasi/kekurangan cairan ketika saat puasa.


Makanan kemasan

Makanan kemasan seperti biskuit dan lain sebagainya terutama yang kadar garamnya tinggi akan dapat mengikat suplai cairan di dalam tubuh. Lalu anda akan merasa lebih cepat haus di saat menjalankan puasa yang tentu akan membuat anda tidak nyaman.

Untuk selanjuntya anda bisa baca di Daftar Makanan yang Sebaiknya Dihindari Selama Puasa



Oatmeal

Oatmeal mengandung serat yang sanga tinggi yang dapat mengenyangkan dalam waktu yang lama. Selain itu juga, oatmeal sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung anda,


Buah Apel

Selain  mengandung kadar air yang cukup, Apel juga mengandung banyak serat didalamnya. Maka dari itu jika anda mengkonsumsi buah apel ini ketika sahur akan membuat perut anda merasa kenyang lebih lama.


Sup

Kandungan protein dan sayuran yang ada di sup sangat di butuhkan untuk tubuh selama berpuasa. Selain itu juga, jika kita mengkonsumsi sup ketika saat sahur akan membuat perut kita tetap terasa kenyang/penuh.


Telur

Jika ada penggemar telur, sebaiknya hidangkan telur dengan cara direbus, bukan digoreng. Karena jika di masak dengan di goreng akan mengandung kadar lemak yang akan menyebabkan merasa ngantuk dalam menjalani ibadah puasa.


Cokelat Hitam

Memang tidak umum untuk anda memakan coklat subuh-subuh. Tapi tidak ada salahnya anda hadirkan coklat hitam ini untuk di sajikan sebagai menu penutup di waktu sahur. Sebab cokelat mampu membuat perut anda akan merasa kenyang lebih lama dan juga asal anda tau mengkonsumsi coklat hitam sudah terbukti dapat mengurangi tekanan darah dan dapat melindungi kesehatan pada otak dan jantung.