Deretan Syarat untuk Bisa Menjalankan Windows 10

Deretan Syarat untuk Bisa Menjalankan Windows 10 – Sistem operasi terbaru dari Microsoft, Windows 10 sudah pada tahap uji publik (Baca : Kumpulan Tips dalam Mengoperasikan Windows 10). Nah pertanyaannya sekarang, apakah laptop atau PC anda bisa menjalankannya ?

Sama seperti versi sebelumnya, untuk menjalankan Windows 10 laptop atau PC anda harus memenuhi spesifikasi atau syarat yang sudah ditentukan. Apa saja syaratnya ? Berikut ulasannya.

Syarat untuk Bisa Menjalankan Windows 10


OS Windows paling update

Sebelum anda mencoba Windows 10, pastikan laptop atau PC anda menggunakan OS Window yang paling update, yaitu Windows 7 atau 8.1. Jika anda menggunakan yang asli, anda bisa mendapatkan Windows 10 dengan gratis.


RAM

Untuk soal RAM, pihak Microsoft mewajibkan para pengguna Windows harus sudah terpasang RAM 1 GB di komputernya. Ini untuk prosesor berarsitektur 32-bit. Sementara untuk prosesor 64-bit (terbaru), minimal RAM yang dibutuhkan 2GB.


Prosesor

Prosesor yang disarankan untuk menjalankan Windows 10 adalah diatas 1 GHz. Ini untuk memberikan performa yang optimal saat menjalankan Windows 10.


Hard disk

Bagi prosesor 32-bit, diperlukan hard-disk minimal 16GB. Sedangkan untuk prosesor 64-bit, kapasitas minimal hard-disk adalah 20GB.


Kartu grafis

Nih buat anda yang suka main game, syarat satu ini mungkin bukan masalah serius, sebab Microsoft hanya mensyaratkan kartu grafis minimal DirectX 9 dengan tambahan driver WDDM 1.0.


Layar

Diantara syarat yang lain, mungkin syarat ini yang lebih flexible. Hal ini dikarenakan Windows 10 memang disiapkan untuk semua jenis gadget. Syarat yang diberikan Microsoft hanya layar itu minimal harus mempunyai resolusi 800 x 600 piksel.